Peminat Jadi CPNS Membludak, Bisnis Bimbel Tes CPNS 2017 Naik Daun. Segini Tarif per Paket Bimbingan

Hasrat dan impian sejumlah orang untuk jadi PNS ternyata menggairahkan bisnis bimbingan belajar (bimbel). Ingin tahu berapa tarif bimbungan per paket?

Peminat Jadi CPNS Membludak, Bisnis Bimbel Tes CPNS 2017 Naik Daun. Segini Tarif per Paket Bimbingan
ISTIMEWA
Suasana bimbel untuk menghadapi tes CPNS 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hasrat dan impian sejumlah orang untuk jadi PNS ternyata menggairahkan bisnis bimbingan belajar (bimbel). Mereka mengemas paket dan tawaran menarik khusus untuk CPNS ini.  

Salah satunya, Bimbel Akses CPNS di Kramat Raya, Jakarta Pusat. Ada tiga paket yang disiapkannya.  “Kami ada paket kelas reguler, privat dan in house training sesuai permintaan di beberapa kementerian,” terang Catur Widi, Staf Pemasaran Akses CPNS.  

Paket kelas reguler dibanderol Rp 3,2 juta per orang untuk 24 kali pertemuan. Sedangkan, tarif kelas privat Rp 500.000–Rp 600.000 tiap sesi berdurasi 2,5 jam.

Dan, paket in house training biayanya Rp 1,5 juta per pertemuan. Paket ini adalah paket khusus untuk melayani pegawai kementerian atau lembaga yang ingin meningkatkan status kepegawaiannya, dengan jumlah peserta berkisar 10–15 orang.

Kelas reguler maksimal diisi oleh 25 peserta dan kelas biasanya dibuka per gelombang. Untuk gelombang terakhir ini, sudah ada sembilan kelas dengan 25 peserta di tiap kelas.

Catur mengaku sejak dibukanya moratorium CPNS 2017 ini, peminat bimbel Akses CPNS makin meningkat. Jika masa biasa Akses hanya bisa membuka dua hingga empat kelas per gelombang, saat ini bisa sampai sembilan kelas.

Baca: Benarkah Mobil Sitaan KPK Banyak yang Rusak? Lakukan Ini Sebelum Ikut Lelang!

Baca: BIKIN BERGIDIK! Fakta Hasil Otopsi 7 Jenderal Korban G30S PKI Terungkap

Baca: NGAKAK! Burung Beo Ini Belanja Online Tirukan Suara Tuannya. Benda Ini yang Dibelinya!

Permintaan privat juga makin banyak. "Bimbel ini sudah buka sejak 2013. Peminatnya terus meningkat, bahkan tahun ini lebih banyak dari  2013 lalu,” jelas Catur.

Hal serupa dilontarkan juga oleh Yuna Ria, pemilik Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Uno Education asal Surabaya. Tahun ini, ia membuka kelas bimbel khusus CPNS karena banyak permintaan. “Awalnya, kami ada bimbel CPNS tapi hanya kelas privat,” terang Yuna. Sebelumnya, LBB Uno Education hanya menawarkan les privat untuk siswa SD, SMP, dan SMA saja.

Paket kelas reguler CPNS dibanderol Rp 1,5 juta per orang untuk 10 kali pertemuan berdurasi 1,5 jam. Sedangkan untuk les privat dibanderol Rp 2,5 juta per orang untuk 10 kali pertemuan. “Satu kelas maksimal isinya 10 orang. Jadi dulu karena yang minta les privat dan kelompok makin banyak, mereka akhirnya minta buka kelas saja,” ujar Yuna.

Meski baru saja membuka kelas reguler CPNS di tahun ini, LBB Uno Education sudah menyelesaikan tiga gelombang. Dan saat ini sedang berjalan gelombang empat. Satu gelombang lamanya sekitar seminggu. “Karena bimbelnya ini intensif, jadi materi satu hari bisa untuk dua sampai tiga pertemuan,” terang Yuna.

Peserta bimbel dari Akses CPNS maupun LBB Uno Education sebagian besar adalah para pekerja. Ada juga yang baru saja lulus kuliah, tapi tidak terlalu banyak. Maka dari itu, jadwal bimbingan belajarnya juga lebih fleksibel. (*)

*Berita ini juga tayang di Kontan.co.id dengan judul : Minat jadi PNS tinggi, bimbel tes CPNS jadi buruan

Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved