Sebelum Kena OTT, Wali Kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi Ternyata Pernah Berurusan dengan KPK

Iman ternyata bukan kali ini saja berurusan dengan KPK. Ia pernah diperiksa terkait kasus korupsi pembangunan dermaga trestle Kubangsari di Cilegon.

Sebelum Kena OTT, Wali Kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi Ternyata Pernah Berurusan dengan KPK
INTERNET
Wali Kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wali Kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi ditangkap dalam operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (22/9/2017).

Iman ternyata bukan kali ini saja berurusan dengan KPK. Ia pernah diperiksa sebagai saksi dalam kasus korupsi pembangunan dermaga trestle Kubangsari di Cilegon pada 2012.

Tersangka dalam kasus tersebut adalah mantan Wali Kota Cilegon, Aat Syafaat, yang tidak lain adalah ayah kandung Iman Ariyadi.

Saat itu, KPK menetapkan Aat sebagai tersangka atas dugaan menyalahgunakan kewenangannya selaku Wali Kota Cilegon sehingga menimbulkan kerugian negara atau menguntungkan pihak lain.

Aat disangka merekayasa pemenang lelang dan menggelembungkan harga pembangunan dermaga sehingga menimbulkan kerugian negara sekitar Rp 11,5 miliar.

Pemenang tender proyek ini adalah PT Galih Medan Perkasa (GMP).

Kasus dugaan korupsi ini terjadi ketika pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menyetujui nota kesepahaman (MoU) dengan PT Krakatau Steel terkait tukar guling lahan untuk pembangunan pabrik Krakatau Posco dan dermaga Kota Cilegon.

Baca: Barang Bukti Uang Ratusan Juta, Wali Kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi Kena OTT KPK

Baca: Menjabat Dua Periode, Siapakah Sosok Wali Kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi?

Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Serang, Banten, menjatuhkan vonis kepada Aat 3 tahun 6 bulan penjara pada Maret 2013.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved