TribunBatam/

Mellennial

Rahasia Hasil Jepretan Kamera Smartphone Sejernih DSLR

Kualitas kamera bukan satu-satunya penentu untuk bisa menghasilkan hasil foto yang berkualitas. Simak tipsnya di sini.

Rahasia Hasil Jepretan Kamera Smartphone Sejernih DSLR
TRIBUNBATAM/ANDRIANI

SMARTPHONE dengan kamera canggih sekarang ini kayaknya udah kayak must have item banget ya buat Mellennials.

Ya nggak heran sih, soalnya kamera ini modal penting banget untuk mendukung aktivitas kita di sosial media. Mulai ambil foto untuk di- upload foto di instagram, facebook, twitter, pinterest maupun buat nge-vlog.

Tapi guys, tahukah kalian kalau kualitas kamera bukan satu-satunya penentu untuk bisa menghasilkan hasil foto yang berkualitas? Soalnya, ada sejumlah faktor lain yang mempengaruhinya. Misalnya saja, teknik pengambilan foto.

"Saat ini, smartphone baik android maupun ios sudah dilengkapi kamera yang canggih hampir setara DSLR/Mirrorless,” kata Rangga Aditya Saputra, seorang mobile photografer kepada Tribun, Rabu (1/11/2017).

Bicara soal fitur, tentu berbeda-beda di setiap smartphone. Ada beberapa smartphone yang memiliki manual mode, yang biasanya terdapat di DSLR/Mirrorless. Dan di manual mode smartphone, kita bisa mengatur White Balance, Focus, EksposureTime/ShutterSpeed, Serta ISO.

Mellennial-grafis
*Untuk gambar lebih jelas klik di sini

"Kuncinya smartphone dengan kualiatas kamera bagus yaitu 8MP ke atas, teknik pengambilan gambar juga perlu dikuasai, komposisi foto, POI (Point of Interest), pencahayaan yang bagus atau mendukung dan waktu saat pengambilan foto," ujar Rangga.

POI (point of interest) itu adalah fokus/titik utama dalam sebuah foto l, di mana titik tersebut menjadi inti cerita dari fotonya.

Dan ini bisa diartikan, gimana pemotret ingin menonjolkan objek atau subject dalam sebuah foto sehingga mata tertuju pertama kali ke objek atau subjek tersebut.

Kalau smartphone kamu tidak memiliki manual mode, kamu juga bisa motret foto dengan hasil yang baik tetapi beberapa teknik tentu tidak bisa diaplikasikan seperti long exposure.

Untuk memotret menggunakan filter tidak ada salahnya guys. Contohnya smartphone yang bisa manual mode, untuk motret LongExposure, kamu bisa mengunakan Filter ND (Neutral Density).

Halaman
12
Penulis: andriani
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help