Tagihan Air ATB Melonjak? Ini yang Harus Dilakukan Pelanggan Biar Nyaman

Pelanggan bisa datang melaporkan ke bagian pelayanan kami, nanti petugas ATB akan membantu mengecek mengapa tagihan pelanggan tersebut tinggi.

Tagihan Air ATB Melonjak? Ini yang Harus Dilakukan Pelanggan Biar Nyaman
Dok ATB
Sejumlah pelanggan memanfaatkan pelayanan di kantor pelayanan ATB Sukajadi beberapa waktu lalu. Pelanggan bisa menghitung pemakaian air dengan mudah sebelum membayar tagihan. 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Masih banyak pelanggan ATB yang menyampaikan keluhan tingginya tagihan air yang di gunakan setiap bulannya.

Padahal, menurut pelanggan, penggunaan air sudah dilakukan secara wajar. Informasi tersebut banyak di sampaikan melalui media sosial Facebook ataupun Twitter.

Menanggapi hal ini, Enriqo Moreno, Corporate Communication Manager ATB, meminta pelanggan untuk datang ke bagian pelayanan ATB.

"Pelanggan bisa datang melaporkan ke bagian pelayanan kami, nanti petugas ATB akan membantu mengecek mengapa tagihan pelanggan tersebut tinggi. Apakah memang pemakaian air yang lebih banyak dibanding bulan sebelumnya, atau hal lain. Seperti adanya kebocoran setelah meter air atau kebocoran pada jaringan pipa dalam pelanggan," jelas Enriqo Moreno, Kamis (30/11/2017).

Enriqo melanjutkan, kenaikan jumlah tagihan pelanggan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari tingginya penggunaan air karena beberapa hal yang kadang tidak disadari, seperti kebocoran tersebut.

Bisa juga disebabkan adanya keluarga atau kerabat yang datang berkunjung atau sedang merenovasi rumah sehingga memerlukan air yang lebih banyak dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Ilustrasi cek tagihan pembayaran air melalui website ATB Batam. Pelanggan yang mengalami lonjakan tagihan pembayaran bisa mendatangi bagian pelayanan ATB Batam untuk di cek penyebab tagihan tinggi.
Ilustrasi cek tagihan pembayaran air melalui website ATB Batam. Pelanggan yang mengalami lonjakan tagihan pembayaran bisa mendatangi bagian pelayanan ATB Batam untuk di cek penyebab tagihan tinggi. (ist)

"Tagihan pelanggan tinggi juga bisa disebabkan oleh kebocoran pipa jaringan dalam pelanggan. Tagihan akibat kebocoran pipa jaringan dalam memang dibebankan kepada pelanggan, begitu pula perbaikannya. Jika ada kebocoran pipa jaringan dalam, otomatis tagihan air pelanggan pasti melonjak," ujar Enriqo.

Terkadang beberapa pelanggan juga ada yang mempertanyakan. Mengapa pelanggan ATB dengan jumlah anggota keluarga lebih sedikit justru membayar tagihan air lebih tinggi, dibanding dengan pelanggan yang memiliki jumlah anggota keluarga lebih banyak.

"Ada juga yang menanyakan, kenapa kami yang hanya tinggal bertiga tagihan airnya bisa dua kali lipat lebih besar dari keluarga yang tinggal berlima. Hal tersebut kemungkinan dikarenakan oleh kebiasaan menggunakan air. Bisa saja keluarga yang jumlahnya lebih banyak, menggunakan air dengan lebih bijak dibanding keluarga yang lebih sedikit," kata Enriqo.

Tagihan pelanggan yang meningkat signifikan tentunya bukan karena kenaikan tarif.

Hal tersebut banyak dikaitkan oleh pelanggan saat menyampaikan keluhan tingginya tagihan air yang di rasakan.

Padahal sejak 2011 sampai saat ini ATB tidak pernah menaikan tarif untuk golongan Rumah Tangga 2D, masih berdasarkan tarif Rp 2.000/m3 untuk 10 m3 pertama.

Karerna itu, kata Enriqo, bila pelanggan merasa tagihan tidak sesuai, bisa datang langsung ke Kantor Pelayanan ATB untuk dilakukan pengecekan

"Budaya menggunakan air jadi salah satu faktor meningkatnya penggunaan air pada pelanggan. Oleh karena itu, ayo kita lebih bijak lagi menggunakan air. Selain bisa menekan tagihan, juga untuk membantu menjaga ketahanan air baku di Batam lebih lama" tuturnya. (*)

Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help