TribunBatam/

BI Potong Biaya Transaksi ATM, tapi Nasabah Harus Lakukan Ini Agar Dapat Biaya Murah

BI mengimbau masyarakat agar mulai beralih menggunakan kartu debit berlogo gerbang pembayaran nasional (GPN) mulai 1 Januari 2018.

BI Potong Biaya Transaksi ATM, tapi Nasabah Harus Lakukan Ini Agar Dapat Biaya Murah
ANTARA/GALIH PRADIPTA
Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo (kedua kiri) dan Menkeu Sri Mulyani (kanan) meresmikan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) atau National Payment Gateway di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin (4/12). BI resmi meluncurkan sistem GPN dengan tujuan menyatukan berbagai sistem pembayaran milik berbagai bank yang berbeda. 

TRIBUNBATAM.ID- Bank Indonesia (BI) mengimbau masyarakat agar mulai beralih menggunakan kartu debit berlogo gerbang pembayaran nasional (GPN) mulai 1 Januari 2018.

Mengutip Kontan.co.id Rabu (6/12/2017), dengan kartu debit GPN ini akan memudahkan masyarakat untuk bertransaksi karena fee atau biaya transaksi akan lebih murah.

Lantas bagaimana cara untuk mengganti kartu debit yang ada dengan kartu berlogo GPN?

Kepala Pusat Program Transformasi BI Onny Widjanarko bilang kartu debit GPN bisa didapatkan dengan menukarkan di masing-masing bank.

"Masyarakat bisa mulai menukarnya di bank karena bank akan mulai mencetak kartu debit dengan logo GPN mulai Januari 2018," kata Onny, Selasa (5/12/2017).

Nantinya ketika menukar kartu debit dengan yang mempunyai logo GPN nasabah akan diberikan dua pilihan tergantung masing-masing bank.

Dua pilihan ini adalah kartu debit berlogo GPN saja atau yang berlogo prinsipal asing.

Baca: ASYIK Bunga KUR Segera Turun Jadi 7 Persen. Ini Jenis Usaha yang Diutamakan

Karena debit logo GPN tidak boleh memiliki logo prinsipal asing.

Jika nasabah ingin menggunakan logo prinsipal asing, maka harus membuat kartu terpisah diluar GPN.

Halaman
12
Tags
ATM
BCA
GPN
Editor: Sri Murni
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help