TribunBatam/

SALUT! Tak Mau Repotkan Orangtua. Mahasiswa Ini Nyambi Ojek Online. Begini Kisahnya

Supaya tidak mengganggu jadwal kuliah dengan narik penumpang, Muhammad Fuqoha pun harus pintar-pintar membagi waktu

SALUT! Tak Mau Repotkan Orangtua. Mahasiswa Ini Nyambi Ojek Online. Begini Kisahnya
KOMPAS.com/Labib Zamani
Muhammad Fuqoha (19) mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta nyambi jadi tukang ojek online di Solo, Rabu (6/12/2017). 

TRIBUNBATAM.id, SOLO - Muhammad Fuqoha (19) mungkin hanya satu dari banyak mahasiswa yang memiliki pekerjaan sampingan selama kuliah.

Namun, dia bisa menjadi salah satu contoh generasi muda yang tidak ingin merepotkan orangtua soal biaya kuliah dan berjuang untuk mewujudkannya di tengah kewajiban utama sebagai mahasiswa.

Mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Jawa Tengah, ini telah menggeluti profesi sebagai tukang Go-Jek atau layanan ojek berbasis online sejak enam bulan terakhir.

Baca: Tanah Ambles, Lalu Muncul Danau dengan Air Warna Hijau. Warga Takut Hal Ini Akan Terjadi

Baca: Begini Kerusakan Akibat Gempa 5.1 SR yang Mengguncang Bengkulu Rabu Sore Kemarin

Baca: Kapolri Tito Karnavian: Calo, Copet, Jambret, Preman, Bersihkan! Tidak Bisa? Saya Copot!

Sebelumnya, dia pernah bekerja di sebuah rumah makan. Namun hanya bertahan beberapa bulan kemudian memutuskan untuk keluar.

Sejak bergabung dengan Go-Jek, Foqoha mampu membayar biaya semester dan memenuhi uang jajan sehari-hari tanpa harus meminta kedua orangtuanya.

"Kepengin punya uang sendiri," ungkap anak pertama dari empat bersaudara pasangan dari Lili Susanti (37) dan Hari Sambodo (45) ini ketika ditanya motivasinya untuk ngojek di Solo, Rabu (6/12/2017).

"Selama ini saya minta uang sama orang tua. Ya buat jajan sama bayar kuliah. Tapi karena saudara saya ada tiga dan saya anak pertama nggak ingin repotin orang tua. Jadi, saya putuskan kuliah sambil kerja jadi tukang ojek online (Go-Jek)," katanya.

Halaman
12
Editor: nandarson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help