Mustika Rasa

Bukan Keripik Pisang Biasa. Ada Rasa Cokelat hingga Balado. Contek Resepnya!

Kini, kreatifitas para pembuat keripik pisang makin tinggi dengan menampilkan banyak rasa baru yang kian beragam.

Bukan Keripik Pisang Biasa. Ada Rasa Cokelat hingga Balado. Contek Resepnya!
TRIBUNBATAM/MONA ANDRIANI

DULU keripik pisang hanya hadir dengan rasa original alias tak diberikan perasa apapun. Sampai akhirnya ada yang berkreasi dengan membalutkan gula atau karamel sehingga keripik tersebut menjadi terasa manis dan lezat.

Tapi kini, kreatifitas para pembuat keripik pisang makin tinggi dengan menampilkan banyak rasa baru yang kian beragam.

“Keripik pisang bisa ditambah bahan lainnya. Seperti cokelat, green tea, susu, hingga bubuk cabai, semua tergantung minat masing-masing," kata Dhini Hariani, Agen Snack Baring (Pisang Kering), Selasa (16/1/2017).

Potongan pada keripik pisang yang cocok saat dipadukan dengan bahan lainnya adalah potongan membulat, tidak memanjang. Sehingga dalam satu keping keripiknya, bisa langsung masuk dalam mulut. Keripik pisang aneka rasa bisa langsung terasa dalam sebuah keripik pisang.

Pisang yang aslinya sudah manis ini bisa diberikan tambahan rasa lain. Mulai cokelat, susu, green tea, keju, ataupun balado. Semua tambahan tersebut akan terbalur di seluruh permukaan keripik pisang.

"Cara proses yang benar, tidak akan mengubah rasa dari pisang. Tetapi tetap memiliki rasa manis dan segar dari pisangnya. Selain itu, proses yang benar dalam mengolah keripik pisang juga tidak mengubah tekstur atau bentuk pisang ini," kata Krisna, Pemilik snack Baring ini.

Krisna juga mengatakan penggunaan pisang jenis kastroli sangat baik, selain lebih manis, pisang ini mempunyai tekstur pisang yang lumayan padat. Pemilihan bahan baku juga harus berkualitas. Dengan memilih pisang yang mentah tapi sudah tua, sehingga bagus dibuat keripik.

Bagi yang tertarik untuk membuat sendiri keripik pisang aneka rasa di rumah, bisa mencoba resep keripik ala Baring berikut ini. Selamat Mencoba! (*)

Resep Membuat Keripik Pisang
Bahan:
1 sisir pisang kastroli
Minyak goreng secukupnya
50 gram gula pasir
200 cc air panas
Garam secukupnya
Cokelat bubuk sesuai selera
Susu bubuk sesuai selera
Teh hijau bubuk sesuai selera
Balado bubuk sesuai selera

Cara Membuatnya:
1. Pisang yang masih mentah tapi sudah tua dikupas kulitnya. Rendamkan dalam wadah berisi air dan garam
2. Panaskan minyak goreng dalam jumlah yang banyak
3. Menunggu minyak panas. Larutkan garam dan gula dengan air panas. Sisihkan
4. Setelah minyak goreng panas, serut pisang di atas minyak goreng. Goreng hingga setengah matang, kecilkan api. Masukan satu sdm larutan gula dan garam ke dalamnya.
5. Aduk hingga kering. Tiriskan
6. Setelah kering masukan de dalam wadah yang sudah berisi satu diantara bubuk cokelat, susu bubuk, keju bubuk, balado bubuk atau green tea bubuk. Gaulkan hingga semua bubuk merata ke seluruh permukaannya.

Penulis: Andriani Mona
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help