VIDEO Mega Proyek Pengolahan Sampah Singapura. 'Tak Ada Satu Sampahpun yang Tersia-sia'

Singapura berupaya memastikan bahwa tidak ada sedikitpun yang terbuang sia-sia dalam pengolahan bermacam limba di negaranya.

TRIBUNBATAM.ID, SINGAPURA- Singapura berupaya memastikan bahwa tidak ada sedikitpun yang terbuang sia-sia dalam pengolahan bermacam limba di negaranya.

Sebuah mega proyek pengolahan limbah sedang digarap Negeri Jiran tersebut. 

Dilansir dari Channel NewsAsia, Sabtu (17/2/2018), mega proyek itu termasuk pembangunan 100 km terowongan dan selokan di bagian barat Singapura yang akan membawa semua jenis libah, termasuk kotoran manusia ke pusat pengolahan limbah untuk dijadikan produk siap pakai termasuk mengubahnya menjadi sumber energi.

Proyek tersebut bernama Deep Tunnel Sewerage System (DTSS) yang merupakan bagian dari pendekatan holistik Singapura untuk memastikan bahwa tidak ada sampah yang tersia-siakan.

Proyek ini merupakan lanjutan dari proyek superhighway saluran pembuangan yang sama yang sudah dibangun pada bagian timur Singapura dan selesai pada 2008 silam.

Proyek kedua ini menelan dana 6,5 miliar dolar Singapura. Pengerjaannya sudah dimulai pada November 2017 lalu

DTSS wilayah barat ini akan bergabung dengan dua proyek lainnya: The Integrated Waste Management Facility (IWMF) dan Pabrik Reklamasi Air Tuas (TWRP).

Pusat Pengolahan limbah di Singapura yang sudah berjalan.  Foto : PUB

Bentuk Pengolahan

Halaman
123
Penulis: Sri Murni
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help