Perang Dagang As dan Cina

Tak Tanggung-tanggung, Cina Kenakan Tarif Impor 128 Jenis Produk AS termasuk Buah dan Daging

Atas tindakan Cina tersebut, Senin (2/4/2018), Donald Trump mengecam karena tarif itu telah merugikan AS senilai Rp 3 miliar dolar AS.

Tak Tanggung-tanggung, Cina Kenakan Tarif Impor 128 Jenis Produk AS termasuk Buah dan Daging
Getty Image
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping dalam pertemuan para pemimpin bisnis di Balai Agung Rakyat di Beijing, 9 November 2017. 

TRIBUNBATAM.id- Perang dagang Amerika Serikat (AS) dan Cina terus berlanjut.

Sebagai balasan atas tindakan Presiden AS Donald Trump yang menerapkan tarif impor untuk baja dan aluminium, kini giliran cina menerapkan tarif impor produk AS.

Tidak tanggung-tanggung, tarif impor diterapkan untuk 128 item barang, termasuk buah dan daging babi.

Dikutip dari Channel NewsAsia, atas tindakan Cina tersebut, Senin (2/4/2018), Donald Trump mengecam karena tarif itu telah merugikan AS senilai Rp 3 miliar dolar AS. 

Sikap Cina tersebut telah diputuskan oleh komisi tarif bea cukai, setelah berminggu-minggu diperdebatkan terutama dampak yang akan terjadi pada ekonomi dua negara besar itu atas perang dagang yang terjadi.

Meskipun pemerintahan Presiden Donald Trump mengatakan, alasannya amenerapkan tarif impor baja dan aluminium merupakan upaya pencegahan terhadap keamanan negara, namun Cina menganggapnya sebagai melanggaran terhadap pedoman Organisasi Perdagangan Dunia atau Wolrd Trade Organization (WTO).

Baca: Memorandum Tarif Anti-Cina Diteken Trump, Perang Dagang Dimulai. Begini Balasan Negeri Panda

Baca: TERUNGKAP Inilah Alasan AS Tabu Genderang Perang Dagang dengan Cina

Baca: Donald Trump Tabuh Genderang Perang Dagang, Cina Siapkan Balasannya

Trump berulang kali menyampaikan bahwa surplus perdagangan Cina yang besar terhadap Amerika Serikat dipandang sebagai hal yang tidak adil.

Halaman
123
Penulis: Sri Murni
Editor: Sri Murni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help