WOW. Biaya Pengamanan Bos Facebook Capai Rp 274 Miliar. CEO Perusahaan Lain, Lewat!

Jika tak ada Mark Zuckerberg, barangkali Facebook tak akan sebesar hari ini.

WOW. Biaya Pengamanan Bos Facebook Capai Rp 274 Miliar. CEO Perusahaan Lain, Lewat!
Tribun Batam/Istimewa
Mark Zuckerberg (tengah) 

TRIBUNBATAM.ID - Mark Zuckerberg adalah kunci dari Facebook, jejaring sosial dengan 2 miliar pengguna aktif saat ini. Jika tak ada Mark Zuckerberg, barangkali Facebook tak akan sebesar hari ini.

Karenanya, pengamanan untuk Mark Zuckerberg dinilai sangat penting. Dari tahun ke tahun, Facebook merogoh kocek semakin besar untuk melindungi sang pendiri sekaligus CEO.

Sejak 2015, total biaya pengamanan Mark Zuckerberg mencapai 20 juta dollar AS atau sekitar Rp 274 miliar. Pada 2016, biaya pengamanannya 5,8 juta dollar AS (Rp 79 miliar), lantas pada 2017 membengkak menjadi 9 juta dollar AS (Rp 123 miliar).

“Biaya keamanan untuk menghadang ancaman keselamatan Mark Zuckerberg yang timbul akibat posisinya sebagai pendiri dan CEO kami,” kata perwakilan Facebook.

“Kami mewajibkan keamanan ini untuk kepentingan perusahaan karena pentingnya Mark Zuckerberg untuk Facebook,” ia menegaskan.

Tahun lalu, dari Rp 123 miliar biaya pengamanan Mark Zuckerberg, sebanyak 7,3 juta dollar AS (Rp 100 miliar) sendiri untuk bodyguard, pengamanan perjalanan, serta pengamanan di rumah.

Pengamanan perjalanan meliputi penerbangan pribadi Mark Zuckerberg ke berbagai tempat, mulai untuk bahan bakar pesawat, konsumsi, hingga fee lainnya, sebagaimana dihimpun, Senin (16/4/2018), dari Gizmodo.

Chief Operating Officer (COO) Facebook, Sheryl Sandberg juga diberi anggaran pengamanan. Hanya saja, nominalnya tak sebesar Mark Zuckerberg, yakni “hanya” 2,3 juta dollar AS (RP 31 miliar). Biaya pengamanan Mark Zuckerberg bisa dibilang sangat tinggi.

Sebagai perbandingan, CEO Apple, Tim Cook cuma punya anggaran keamanan sebesar 317.000 dollar AS atau Rp 4,3 miliar. (*)

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul facebook habiskan rp 274 miliar untuk pengamanan mark zuckerberg

Editor: dwie sudarlan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help