Mengadopsi Model Kabupaten Siak, Pemko Tanjungpinang Terapkan Perizinan Online. Kapan?  

Keren! Pemko Tanjungpinang segera terapkan perizinan online mengadopsi model Kabupaten Siak. Ini keistimewaannya!

Mengadopsi Model Kabupaten Siak, Pemko Tanjungpinang Terapkan Perizinan Online. Kapan?   
TRIBUNBATAM/M IKHWAN
Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza 

TRIBUNBATAM.id, TANJUNGPINANG-Penjabat Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza menegaskan, ke depan Kota Tanjungpinang akan menjadi kota pintar atau smart city.

Untuk itu, ia meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) dan honorer yang bekerja di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang untuk meningkatkan pelayanan.

Terutama Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tanjungpinang. Kepada DPMPTSP Tanjungpinang, Ariza meminta agar menjalankan perizinan melalui sistem online. Hal tersebut semata untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat yang mengurus izin usahanya.

Baca: Masih Ingat Kisah Ayah yang Melihat 2 Putrinya Makan? Begini Kehidupan Mereka Sekarang!

Baca: Heboh! Anaknya Mengidap Autisme, Ibu Selipkan Perekam Suara di Tas Sekolah, Kaget Dengar Hasilnya!

Baca: Heboh Medsos! Komunitas Tukar Pasangan Suami Istri Beraksi Pakai WA, Faktanya Bikin Bergidik!

Baca: Skandal 5 Tahun Terbongkar! Nama Anak Pemberian Sang Istri Jadi Pemicunya! Begini Kisahnya!

"Dengan sistem online masyarakat menjadi mudah untuk membuat izin usaha. Waktu pembuatannya pun semakin singkat. Dengan demikian volume masyarakat yang membuat izin usaha semakin banyak," katanya saat memimpin upacara 17 hari bulan di Kantor Walikota, Selasa (17/4/2018).

Dengan banyaknya masyarakat yang mengurus izin usaha, maka perekonomian masyarakat semakin tumbuh dan berkembang. Dengan tumbuh dan berkembangnya ekonomi masyarakat melalui usahanya, katanya, maka hal tersebut akan berdampak pada pemdapatan pajak daerah.

Sebelumnya, Kepala DPMPTSP Kota Tanjungpinang Hamalis mengatakan pihaknya tengah memperispkan pelayanan perizinan secara online. Tahun 2018 ini juga bisa direalisasikan. Sistem yang diadopsi sesuai rekomendasi KPK yakni sistem perizinan online di Kabupaten Siak, Riau.

Pihaknya juga memerlukan tambahan SDM yang ahli dibidang teknologi informasi. Sehingga sistem online bisa berjalan dengan baik.

Saat ini, lanjutnya, PTSP sudah bisa melayani 32 perizinan. Sebenarnya dalam surat edaran Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) ada 118 perizinan yang harus dilayani. Tapi setelah diseleksi yang bisa dan ada untuk diterapkan di Tanjungpinang cuma 32. (*)

Penulis: M Ikhwan
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help