KPK Periks Tiga Tersangka Kasus Suap APBN Perubahan yang Libatkan Anggota DPR RI

Beredar kabar Sekdaprov Kepri diperiksa KPK terkait dugaan gratifikasi pada pernikahan anaknya. Wajah Gubernur Nurdin berubah saat ditanya ini!

KPK Periks Tiga Tersangka Kasus Suap APBN Perubahan yang Libatkan Anggota DPR RI
Kompas.com
Amin Santono 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap tiga tersangka dalam dugaan suap terkait usulan dana perimbangan keuangan daerah pada RAPBN Perubahan tahun 2018.

Tiga tersangka yang dipanggil adalah mantan anggota Komisi XI DPR Fraksi Demokrat Amin Santono, Direktur CV Iwan Binangkit Ahmad Ghaist, dan pengusaha Eka Kamaludin.

"Ketiganya akan diperiksa sebagai tersangka," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah seperti dilansir Kompas.com, Selasa (22/5/2018).

Baca: Najib Razak Diperiksa KPK Malaysia Selama 5 Jam Terkait Skandal 1DMB

Baca: KPK Tetapkan Bupati Bengkulu Selatan, Istri dan Keponakannya Sebagai Tersangka Suap Proyek

Dalam kasus ini, Amin ditangkap terkait penerimaan hadiah atau janji dalam usulan dana perimbangan keuangan daerah pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan atau APBN-P 2018.

Amin Santono dan Peran Pejabat Kemenkeu diduga menerima Rp 500 juta bagian dari 7 persen commitment fee yang dijanjikan dari dua proyek di Kabupaten Sumedang senilai Rp 25 miliar.

Amin kemudian meminta komisi tersebut kepada Ahmad Ghaist. Nilai 7 persen dari Rp 25 miliar adalah sebesar Rp 1,7 miliar.

Adapun, yang diduga menjadi perantara Ahmad dengan Amin adalah seorang pengusaha bernama Eka Kamaludin.

Dua proyek itu adalah proyek dinas perumahan, kawasan permukiman dan pertanahan di Kabupaten Sumedang senilai Rp 4 miliar dan proyek di Dinas PUPR Kabupaten Sumedang senilai Rp 21,85 miliar. Selain itu,

KPK juga menetapkan Kepala Seksi Pengembangan Pendanaan Kawasan Perumahan dan Permukiman pada Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Yaya Purnomo sebagai tersangka.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KPK Periksa Tiga Tersangka Kasus Suap Usulan Dana RAPBN-P 2018" 

Penulis : Dylan Aprialdo Rachman

Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved