Mantan PM Malaysia Najib Ungkap Asal-usul Ratusan Tas Mewah, Perhiasan dan Uang di Rumahnya

Mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak mengatakan, dia tidak seharusnya disalahkan atas skandal 1MDB multi-miliar dolar.

Mantan PM Malaysia Najib Ungkap Asal-usul Ratusan Tas Mewah, Perhiasan dan Uang di Rumahnya
malaysiakini.com
Sejumlah tas mewah yang dibawa polisi dari kondominium milik Rosmah Mansor, istri Najib Razak 

TRIBUNBATAM.id, LANGKAWI - Mantan perdana menteri Malaysia Najib Razak mengatakan, dia tidak seharusnya disalahkan atas skandal 1MDB multi-miliar dolar.

Najib juga tidak tahu apa-apa tentang uang negara yang muncul di akun pribadinya.

Meskipun demikian, ia memiliki penjelasan untuk sejumlah besar uang tunai, tas tangan mewah dan perhiasan yang baru-baru ini disita dari rumahnya oleh pihak berwenang Malaysia.

Najib membeberkan hal itu kepada Reuters dalam wawancara khusus pertamanya sejak kekalahannya pada pemilihan umum 9 Mei lalu.

Najib mengatakan bahwa penasehatnya dan manajemen dan dewan 1Malaysia Development Berhad (1MDB) telah salah menyimpan dugaan penggelapan dana rahasia darinya.

Perdana Menteri Mahathir Mohamad yang baru terpilih mengatakan kepada Reuters Selasa bahwa pihak berwenang memiliki "kasus yang hampir sempurna" terhadap Najib dengan tuduhan penggelapan, penyalahgunaan dan penyuapan terkait dengan 1MDB.

Najib (64) terguling setelah satu dekade memimpin Malaysia, diduga salah satunya karena skandal 1MDB, yang oleh Jaksa Agung AS Jeff Sessions digambarkan sebagai "kleptokrasi terburuk" di dunia.

kepada Reuters, Najib mengatakan dia tidak tahu ratusan juta dolar yang mengalir ke rekening pribadinya berasal dari 1MDB.

Ia juga tidak tahu jika uang dari perusahaan itu dicuci untuk memperoleh aset secara global , termasuk yacht, lukisan, permata, dan real estat premilum.

"Saya bukan pihak di yacht, lukisan-lukisan ... Saya belum pernah melihat lukisan-lukisan itu sama sekali," kata Mr Najib. "Saya tidak menyadari pembelian ini. Ini dilakukan tanpa sepengetahuan saya. Saya tidak akan pernah mengizinkan dana 1MDB untuk digunakan untuk barang-barang ini. Saya sudah berada di pemerintahan begitu lama, saya tahu apa yang benar dan apa yang salah."

Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved