Pendaftaran Siswa Baru SD-SMP di Bintan, Banyak Orangtua Daftar Manual. Ini Alasannya!

Banyak orangtua di Bintan memilih mendaftarkan anaknya dengan datang langsung ke sekolah, alasannya sekalian silaturahim dengan pihak sekolah

Pendaftaran Siswa Baru SD-SMP di Bintan, Banyak Orangtua Daftar Manual. Ini Alasannya!
tribunbatam/aminnudin
Suasana pendaftaran peserta didik baru di SMPN 5 Bintan, Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Senin (2/7/2018) 

TRIBUNBINTAN.COM, BINTAN-Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD dan SMP di Bintan resmi dibuka Senin (2/7/2018). Meski jauh-jauh hari Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan sudah mensosialisasikan sitem PPDB Online, pantauan di lapangan, sebagian besar ortu siswa memilih mendaftarkan

putra putrinya manual alias datang langsung ke sekolah lengkap dengan berkas diperlukan. Alasannya sekalian silaturahmi dengan pihak sekolah.

Pantauan Tribun di SMP Negeri 5 Bintan di Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, para orang tua siswa sudah banyak berdatangan di sekolah sekolah sejak pukul 08.00 WIB. Di sana, ada tiga petugas sekolah yang standby di tempat melalukan pelayanan penerimaan siswa baru.

Baca: Pemprov Kepri Desain Aplikasi Khusus Pemantau PNS, Bisa Cek PNS Saat Jam Kerja

Baca: Mengenal Jenderal Hoegeng, Kapolri Paling Legendaris di Kepolisian. Ini Sepak Terjangnya!

Baca: Terungkap! Inilah Rahasia di Balik Ketangguhan Pasukan Berkuda Persia Kuno di Medan Perang!

"Sudah datang sejak pagi di sini. Mau daftarin anak," ujar Yut, salah seorang orang tua siswa sambil menunjuk putranya yang berpakaian seragam SD.

Berdasarkan data yang tertera di pintu ruang pendaftaran, disampaikan bahwa proses pendaftaran atau pengambilan formulir PPDB mulai pada Senin (2/7/2018) sampai Kamis (5/7/2018). Pendaftaran dibuka mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB.

Pengembalian formulir dibuka pada Jumat (6/2/2018) dan pengunguman siswa yang dinyatakan diterima dilakukan pada Senin (9/2/2018) atau pekan depan. "Di situ juga sekaligus pendaftaran ulang (Senin depan),"kata seorang panitia PPDB Online SMPN 5 Bintan kepada Tribunbintan.com.

Seperti tahun lalu, persayaratan umum pendaftaran SMP diantaranya Surat Keterangan Lulus (SKL) asli ditambah foto kopiannya yang sudah dilegalisir sebanyak dua lembar. Sertifikat hasil ujian nasional asli serta fotokopiannya.

Suasana pendaftaran peserta didik baru di SMPN 5 Bintan, Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Senin (2/7/2018)
Suasana pendaftaran peserta didik baru di SMPN 5 Bintan, Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Senin (2/7/2018) (tribunbatam/aminnudin)

Terkait PPDB Online, Wakil Kepala Sekolah SMP 5 Bintan Zulheri mengatakan, mereka baru melaksanakan sistem pandu online alias nanti sekolah sendiri yang akan mengisi data siswa ke sistem online.

Orang tua siswa tetap mendaftar seperti tahun tahun sebelumnya yakni datang langsung ke sekolah membawa putra putri sekalian berkas administrasi. "Yang SMP kita pandu. Sudah online, tapi masih sistem bantu,"kata dia.

Tahun ini, SMP 5 Bintan menyiapkan lima kelas buat siswa baru. Setiap kelas diisi maksimal 21 siswa. Bila ada kelebihan yang mendaftar satu kelas bisa diisi 29 siswa.

Tapi itu jarang terjadi mengingat sistem pendaftaran bersifat zonasi atau mengutamakan yang dekat dengan lingkungan sekitaran sekolah. "Ada 21 siswa paling maksimal. Kalau ada kelebihan bisa sampai 29 siswa,"kata dia.

Sejauh ini, belum ada keluhan atau kendala yang dialami pada pendaftaran hari pertama baik dari pihak orang tua siswa maupun dari pihak sekolah.(*)

Penulis: Aminnudin
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help