Bersumber dari Pajak dan Non-pajak, Sri Mulyani Optimis Penerimaan Negara Lebihi Target Rp8 Triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimis penerimaan negara pada 2018 akan mencapai targetnya sebesar Rp 1.894,7 triliun.

Bersumber dari Pajak dan Non-pajak, Sri Mulyani Optimis Penerimaan Negara Lebihi Target Rp8 Triliun
KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimis penerimaan negara pada 2018 akan mencapai targetnya sebesar Rp 1.894,7 triliun.

Bahkan, meski tahun ini diliputi sejumlah ketidakpastian yang sebagian berasal dari faktor eksternal, penerimaan negara diperkirakan akan lebih tinggi dari target.

"Pendapatan negara dengan kalkulasi yang kita hadapi sekarang, dengan kurs di Semester II dan lain-lain, itu kami lihat akan 100 persen atau akan ada sekitar Rp 8 triliun lebih tinggi," kata Sri Mulyani usai rapat di gedung DPR RI, Selasa (10/7/2018).

Menkeu menuturkan, tambahan Rp 8 triliun dalam penerimaan negara itu akan bersumber dari kombinasi antara Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) serta perpajakan.

Sayangnya, Sri Mulyani enggan membeberkannya lebih detil karena penjelasan selengkapnya baru akan disampaikan dalam laporan semester I kepada DPR pada Jumat (13/7/2018) mendatang.

Baca: Sri Mulyani Digoda Anggota DPR untuk Debat dengan Rizal Ramli, Ini Jawaban Cerdas Menkeu

Baca: Heboh Pimpinan BPIP Bergaji Rp 100 Juta. Ini Penjelasan Menteri Keuangan Sri Mulyani

Baca: THR Disebut Fadli Zon Bermotif Politik, Menkeu Sri Mulyani Bikin Jawaban Menohok

"Nanti kalian (kalau dikasih tahu) agak mengganggu element of surprise dari laporan semester saya," kata Sri Mulyani.

Dalam laporan semester I kepada DPR nanti, Sri Mulyani juga akan menyampaikan kajian perekonomian serta kondisi APBN 2018 secara keseluruhan untuk tahun ini.

Dalam kajian itu, juga akan memperhitungkan sejumlah aspek, termasuk volatilitas global yang mempengaruhi asumsi makro dalam APBN 2018, seperti nilai tukar rupiah sampai harga minyak mentah. (kompas.com/ Andri Donnal Putera)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penerimaan Negara Tahun Ini Akan Rp 8 Triliun Lebih Tinggi dari Target"

Editor: Sri Murni
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help