BP Batam Segera Sosialisasi Penerapan OSS di Batam, Profesi Notaris Bakal Dilibatkan

Selain ke internal pegawai, BP Batam segera sosialisasi penerapan OSS ke kalangan pengusaha, HKI dan notaris. Ini jadwalnya!

BP Batam Segera Sosialisasi Penerapan OSS di Batam, Profesi Notaris Bakal Dilibatkan
tribun batam
Deputi V Bidang Pelayanan Umum BP Batam Bambang Purwanto (kanan) saat mengecek konter pelayanan publik di lantai dasar Gedung Sumatera Expo 

TRIBUNBATAM.id, BATAM-Merespon permintaan kalangan pengusaha terhadap penerapan pelayanan perizinan terintegrasi, yakni Online Single Submission (OSS) yang baru diluncurkan, BP Batam akan melakukan sosialisasi.

Rencananya Kamis (19/7/2018) depan. Kegiatan ini bakal menghadirkan pembicara dari Kementerian Perekonomian.

"BP akan melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha, notaris, kawasan industri dan pengusaha lainnya. Baik PMA (penanaman modal asing) maupun PMDN (penanaman modal dalam negeri)," kata Deputi V BP Batam, Bambang Purwanto, Rabu (11/7/2018).

Baca: Rampas Tas Korban Newton Batam, Polisi Tembak Betis Pelaku Curas Kabur ke Belakang Padang

Baca: TNI AU Nyaris Tembak Jatuh Jet Tempur AS Penyusup Setelah Kepergok Nyelonong ke Bawean!

Baca: Senjata Dilucuti, Polisi di Meksiko Kini Bersenjata Ketapel. Ini Alasan Sebenarnya!

Baca: Terungkap! Inilah 8 Trik Beli Tiket Pesawat Bocoran Orang Dalam! Nomor 2 Paling Mengejutkan!

Sebelum sosialisasi itu dilaksanakan, pihaknya terlebih dulu akan melakukan sosialisasi kepada pegawai BP Batam. Khususnya yang berada di unit-unit pelayanan perizinan. Sosialisasi ini akan digelar pada Jumat (13/7/2018).

"Bagaimana simulasi dan penerapannya. Izin apa yang dihapus. Bagaimana standar operasional prosedur. Alur perizinan saat pertama kali mengurus. Itu akan kita sosialisasikan ke karyawan dulu," ujarnya.

Sehingga ke depan, diharapkan pelayanan perizinan dengan OSS ini bisa berjalan dengan lancar.

Sebelum OSS diluncurkan, pelayanan di BP Batam tetap berjalan. Ada 14 investor PMA yang mengajukan izin untuk lokasi di Batam.

"Dari China juga bersiap-siap akan investasi di Batam. Jadi untuk sosialisasi. Kami minta pengusaha sabar dulu," harap Bambang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution usai melaksanakan sosialisasi pelaksanaan online single submission (OSS) di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (29/6/2018)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution usai melaksanakan sosialisasi pelaksanaan online single submission (OSS) di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (29/6/2018) (KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERA)

Di tempat yang sama, Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam, Ady Soegiharto mengatakan, tujuan adanya OSS ini, untuk mempercepat pelayanan dalam berusaha.

"Jadi perusahaan sudah bisa melakukannya dimana saja. Bisa di negara setempat, menuju daerah yang ditentukan. Kalau dulu kan banyak alamat website. Sekarang cuma satu aplikasi saja di oss.go.id," kata Ady.

Apalagi dikatakannya, OSS ini sudah terintegrasi dengan pelayanan data kependudukan. Jadi diharapkan lebih mudah ke depannya.

"Memang butuh sosialisasi. Kami merespon suara dari pelaku usaha," ujarnya. (*)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Agoes Sumarwah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved