Pilpres 2019

Mahfud MD: Saya Sudah Bertemu Pak Jokowi dan Saya Maklum

Saya sudah bertemu dengan Pak Jokowi dan saya katakan, saya maklum. Kalau saya pada posisi Pak Jokowi, mungkin saya juga akan melakukan hal yang sama

Mahfud MD: Saya Sudah Bertemu Pak Jokowi dan Saya Maklum
foto/tribunnews
Mantan Ketua MK Mahfud MD 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Joko Widodo secara mengejutkan mengumumkan KH Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2019, Kamis (9/8/2018).

Keputusan ini banyak membuat kaget karena sebelumnya nama Mahfud MD sempat beredar kencang menjelang pengumuman, sehari menjelang pendaftaran Pilpres 2019 nanti.

Termasuk mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengaku kaget dengan keputusan tersebut karena ia sudah diminta mempersiapkan diri oleh Pramono Anung.

Setelah mengetahui bahwa dia tidak dipilih, Mahfud mengaku tidak kecewa dengan keputusan Jokowi dan sembilan partai koalisi pendukungnya.

"Saya tidak kecewa, kaget saja, karena sudah diminta mempersiapkan diri, bahkan sudah agak detail," kata Mahfud, dalam sebuah wawancara di Kompas TV, pada Kamis (9/8/2018) sore.

Setelah diminta mempersiapkan diri, Mahfud MD sebenarnya sempat menunggu di restoran yang tidak jauh dari tempat pertemuan.

Namun, setelah beberapa lama menunggu, Mahfud memutuskan pulang.

Meski begitu, Mahfud menilai bahwa hal yang dialaminya sebagai peristiwa politik biasa.

"Biasa di dalam politik, itu tidak apa-apa," ujar mantan Menteri Pertahanan di era Presiden Abdurrahman Wahid ini. "Kita harus lebih mengutamakan keselamatan negara ini daripada sekadar nama Mahfud, nama Ma'ruf Amin," ucap Mahfud.

Pada wawancara lainnya dengan sejumlah wartawan, Kamis malam, Mahfud mengatakan bahwa ia sudah bertemu dengan Presiden Jokowi  dan dirinya maklum.

"Saya sudah bertemu dengan Pak Jokowi dan saya katakan, saya maklum. Kalau saya pada posisi Pak Jokowi, mungkin saya juga akan melakukan hal yang sama," kata Mahfud, seperti yang diunggah oleh Muhamad Guntur Romli di aku Twitternya.

"Saya katakan kepada Pak Jokowi, tidak perlu merasa bersalah karena Beliau kan harus mengambil keputusan yang tidak berisiko," katanya lagi.

Berikut keterangan Mahfud MD:

Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help