Pilpres 2019

Tak Boleh Abstain, Majelis Tinggi Partai Demokrat Sidang Jumat Pagi untuk Tentukan Arah Koalisi

Bagi Demokrat hal ini tentu pilihan sulit karena partai politik tidak boleh abstain. Lalu, kemana arah koalisi Partai Demokrat dalam Pilpres 2019?

Tak Boleh Abstain, Majelis Tinggi Partai Demokrat Sidang Jumat Pagi untuk Tentukan Arah Koalisi
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di Jalan Kertanegara Kebayoran baru, Jakarta Selatan, Senin, (30/7/2018). 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Partai Demokrat akhirnya memilih untuk tidak bergabung dengan koalisi Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 setelah kecewa dengan sikap partai koalisi lainnya.

Prabowo Subianto akhirnya memilih Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden pada Pilpres 2019, sementara Partai Demokrat berharap Agus Harimurti Yudhoyono yang dipilih.

Alasannya, menurut Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief, dari pertemuan pertama antara Prabowo dengan Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono, pemilihan cawapres berdasarkan survey.

PAN dan PKS menolah AHY, sementara Demokrat menolak Sandiaga Uno.

Namun akhirnya Prabowo memilih Sandiaga Uno, seperti isu yang diungkapkan oleh Andi Arief, sejak Rabu malam lalu. 

Meskipun hingga Kamis malam spekulasi di kubu Prabowo masih terus dinamis karena GNPF Ulama tetap berharap agar Prabowo memilih ulama, namun nama Sandiaga Uno yang muncul ke permukaan.

Baca: Nasib Partai Demokrat Hanya Hitungan Jam. Jika Tak pastikan Koalisi Akan Dicoret di Pemilu 2024

Sementara itu, di kubu Joko Widodo, sembilan partai sudah menandatangani kesepakatan untuk mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Bagi Demokrat hal ini tentu pilihan sulit karena partai politik tidak boleh abstain. Lalu, kemana arah koalisi Partai Demokrat dalam Pilpres 2019?

Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat Imelda Sari K melalui akun Twitternya menyebutkan bahwa Majelis Tinggi PD akan menggelar sidang pada Jumat (10/8/2018) pagi untuk menentukan sikap.

Hingga tengah malam ini, sikap Demokrat memang masih belum jelas, namun Partai Demokrat harus menentukan sikap koalisi.

Halaman
12
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved