MOTOGP

MotoGP Inggris - Bukan Hujan, Ternyata Ini yang Jadi Penyebab GP Inggris Batal. Terkait Aspal Baru

Selain karena hujan, faktor trek sirkuit Silverstone yang baru diaspal juga menjadi alasan dibatalkannya balapan MotoGP Inggris, Minggu

MotoGP Inggris - Bukan Hujan, Ternyata Ini yang Jadi Penyebab GP Inggris Batal. Terkait Aspal Baru
TWITTER/MOTOGP
Kendaraan MotoGP ditutupi plastik saat hujan mengguyur sirkuit Silverstone, Inggris 

TRIBUNBATAM.id, LONDON - Selain karena hujan, faktor trek sirkuit Silverstone yang baru diaspal juga menjadi alasan dibatalkannya balapan MotoGP Inggris, Minggu (26/8/2018).

Hal itu terungkap dari pernyataan Race Director, Mike Webb seperti dilansir motorsport.com, Senin (27/8/2018).

Mike Webb mengatakan pembatalan MotoGP Inggris adalah hasil langsung dari aspal baru Silverstone, karena ketika aspal diguyur hujan membuat air gagal mengalir dengan baik.

Baca: MotoGP Inggris Dibatalkan, Pebalap MotoGP Minta Maaf : Sampai Jumpa di Misano GP Italia

Baca: 5 Pebalap Top MotoGP Tanggapi Dibatalkannya Balapan di Inggris

Baca: MOTOGP INGGRIS DIBATALKAN. Begini Tanggapan Marquez dan Pebalap Tuan Rumah Cal Crutchlow

MotoGP Inggris 2018 Dibatalkan
MotoGP Inggris 2018 Dibatalkan (Twitter MotoGP)

 
Dalam upaya menyingkirkan bump (permukaan lintasan tidak rata/bergelombang) dan memberikan layout sirkuit aspal yang konsisten, Silverstone diaspal ulang secara keseluruhan untuk pertama kalinya sejak 1996 pada awal musim ini.

 Namun, usai sesi latihan Jumat (24/8), para pembalap mengeluhkan bump yang tetap ada. Bahkan ketika hujan saat FP4 pada Sabtu (25/8), terjadi kecelakaan beruntun di Tikungan 7 – termasuk Tito Rabat yang cedera patah tulang kaki karena dihantam motor Franco Morbidelli.

Saat konferensi pers Minggu (26/8), Webb mengonfirmasikan, aspal baru terlalu berbahaya dalam kondisi hujan, karena air tidak mengalir dengan baik dan menyebabkan genangan air di beberapa tempat.

“Ya, itu (pembatalan) adalah hasil langsung dari permukaan lintasan. Kami memiliki pengalaman bertahun-tahun di sini dalam kondisi yang sangat basah dengan permukaan lama baru-baru ini dan kami telah mampu menjalankan balapan,” ucap pria asal Selandia Baru itu.

“Tahun ini dengan permukaan baru adalah pertama kalinya kami menemukan begitu banyak air yang menggenang di tempat-tempat penting di lintasan," katanya.

Baca: MotoGP Inggris Batal, Jack Miller dan Zarco Sudah Siap Balapan Lalu Balik Kandang

Baca: MotoGP Inggris Dibatalkan, Begini Kelakuan Nyeleneh Para Marshal

“Ini cukup mudah, kami terpaksa membatalkan event hari ini karena kondisi trek. Terutama karena air terakumulasi di permukaan dan saya pikir Anda telah melihat hasil dari ketika kami melaju di sini saat hujan lebat, bahwa sirkuit di beberapa tempat tidak aman karena cara airnya mengalir tidak dari permukaan," kata Webb.

Penjelasan Mike Webb (twitter/motogp)
Halaman
123
Penulis: nandarson
Editor: nandarson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help