KARIMUN TERKINI

Penerimaan PNS Diperkirakan Ditunda, Pemda Karimun Minta Kebijakan Khusus

"Kemarin terkahir waktu BKPSDM rapat sudah clear. Namun karena Menteri ganti kayaknya ditunda.

Penerimaan PNS Diperkirakan Ditunda, Pemda Karimun Minta Kebijakan Khusus
TRIBUNBATAM/ELHADIF PUTRA
Sekda Kabupaten Karimun, Muhamad Firmansyah 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Jadwal penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tahun 2018, diperkirakan kembali ditunda.

Ini dipengaruhi terjadinya pergantian pejabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Republik Indonesia (RI).

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karimun, Muhammad Firmansyah yang dijumpai di kantornya pada Senin (27/8/2018).

"Kemarin terkahir waktu BKPSDM rapat sudah clear. Namun karena Menteri ganti kayaknya ditunda. Ganti Menteri biasanya ganti kebijakan," katanya.

Firmansyah menyampaikan Pemerintah Daerah belum mendapatkan informasi mengenai jadwal tes penerimaan PNS.

"Belum tau apakah ditunda bulan depan. Yang jelas waktu Konfersi Pers mantan Menteri sampaikan untuk pemerimaan oke," ujarnya.

Baca: Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan Tidur, Polsek Tebik Pasang Spanduk Peringatan

Baca: Panggil 24 Pemain, Bagas dan Bagus Jadi Andalan Timnas U16 Indonesia

Baca: Jose Mourinho Lesu Sambut Big Match Pertama Manchester United

Untuk prosesnya, para peserta tes PNS akan melalui pendaftaran secara online. Untuk penyeleksian dan soal ujian akan langsung dikelola oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) RI.

Dikatakan Firman, Pemerintah Daerah nanti hanya akan menjadi fasilitator pelaksanaan bagi para peserta tes. Oleh karena itu dalam tes PNS tahun ini betul-betul kompetisi dan tidak bisa diinvertensi.

"Mungkin pendaftaran disetujui oleh Kemenpan-RB baru ke BKN. Kita hanya fasilisatator. Untuk seleksi orang pusat yang turun dan proses," terangnya.

Ditambahkan Firman, apabila mendapatkan kuota penerimaan PNS, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun meminta agar ada kebijakan mengenai peserta tes.

"Saya sudah bilang kepada Pak Sudarmadi (Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Karimun) untuk sangat mengupayakan peserta minimal memiliki KTP Kepri. Tidak memandang suku, asal atau agamanya, asal ada KTP Kepri. Jadi memang kesempatan bagi warga Kepri," tambahnya.

Diketahui Pemerintah Kabupaten Karimun mengajukan sebanyak 400 lebih formasi PNS kepada Pemerintah Pusat pada tes tahun ini. Kabupaten Karimun terkahir menerima PNS melalui tes langsung pada tahun 2009. (ayf)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help