Wajib Setor ke Preman Rp 350 Ribu Tiap Bulan, Ini Akibatnya Jika Pemilik Ruko Menolak

Para pemilik ruko di Komplek Ruko Seribu Cengkareng, dimintai uang sebesar Rp 350.000 per bulan oleh para preman.

Wajib Setor ke Preman Rp 350 Ribu Tiap Bulan, Ini Akibatnya Jika Pemilik Ruko Menolak
KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELA
Para preman yang beraksi di Kompleks Ruko Seribu, Cengkareng, Jakarta Barat akhirnya ditangkap polisi. Foto diambil di Polres Jakarta Barat, Senin (27/8/2018). 

TRIBUNBATAM.id, JAKARTA - Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi mengatakan, para pemilik ruko di Komplek Ruko Seribu Cengkareng, Jakarta Barat, dimintai uang sebesar Rp 350.000 per bulan oleh para preman.

Jika pemilik ruko menolak untuk membayar, preman-preman itu tidak segan merusak bangunan ruko.

"Aksi premanisme untuk memperoleh keuntungan. Jumlahnya Rp 350.000 per bulan. Apabila tidak membayar, bangunan akan dirusak," kata Hengki di Polres Jakarta Barat, Senin (27/8/2018).

Ia menambahkan, para preman itu menjalankan aksinya secara rapi dan terorganisir dengan mengatasnamakan sebuah perusahaan pengelola ruko.

Baca: VIRAL. Video Komplotan Preman Berkedok Security Minta Uang Sewa Lahan ke Pemilik Toko

Baca: Bekuk 7 Preman Pemeras Warga hingga Puluhan Juta, Begini Cara Polisi Menangkapnya

Baca: BREAKINGNEWS. Polisi Berhasil Bekuk Pelaku Pecah Kaca Mobil di Depan Morning Bakery Winsor

"Jadi ini cukup rapi seolah-olah ada PT pengelolaan kemudian mereka menetapkan tarif secara sepihak dan melakukan pemerasan," ujar Hengki.

Pada kesempatan yang sama, Kasat Reskrim Jakarta Barat AKBP Edy Suranta Sitepu menyatakan, korban yang melapor ke Polres Jakarta Barat mengaku tidak pernah menyetujui tarif uang keamanan dan kebersihan yang ditetapkan.

Hingga saat ini, Edy mengaku telah ada 16 korban yang melaporkan aksi premanisme itu.

"Dari 16 yang diperiksa, tidak ada yang mengaku sepakat sama tarif itu," kata Edy.

Aparat Polres Metro Jakarta Barat, Jumat lalu, menangkap tujuh orang yang kerap meminta uang kepada warga di kompleks Ruko Seribu Cengkareng, Jakarta Barat.

Video pemalakan yang dilakukan para preman itu hingga proses penangkapan mereka telah diunggah di akun Facebook Rendi Puguh Gumilang.

Video tersebut viral di sosial media dan telah disebar 22.000 kali sampai Senin pagi.

"Para preman berkedok sekuriti ini ditengarai memeras hingga puluhan juta rupiah selama bertahun-tahun di kompleks ruko Seribu Cengkareng. Apabila tidak membayar maka akan dirusak fasilitas ruko bahkan bangunan yang ada," bunyi keterangan unggahan tersebut.

Para tersangka kini dijerat dengan Pasal 170 KUHP tentang kekerasan terhadap orang atau barang di muka umum, Pasal 368 KUHP tentang pemerasan, dan Pasal 335 KUHP tentang pemaksaan orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan kekerasan. (*)

*Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemilik Ruko di Cengkareng Wajib Setor ke Preman Rp 350.000 Sebulan", 

Tags
Preman
ruko
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help