Penumpang Berkelahi di Pesawat Dalam Penerbangan, Belanda Kirim Dua Pesawat Tempur

Perkelahian tersebut terjadi saat pesawat berada di wilayah udara Jerman, sekitar setengah jam sebelum mendarat di Bandara Schiphol di Amsterdam

Penumpang Berkelahi di Pesawat Dalam Penerbangan, Belanda Kirim Dua Pesawat Tempur
dok holland.com
KLM Royal Dutch Airlines 

TRIBUNBATAM.id, AMSTERDAM - Angkatan Udara Belanda mengirim dua jet tempur F-16 untuk mengawal sebuah pesawat penumpang yang berangkat dari Abu Dhabi menuju Amsterdam, Sabtu (6/10/2018).

Hal tersebut setelah dilakukan setelah mendapat laporan terjadinya perkelahian yang melibatkan seorang penumpang agresif yang berkewarganegaraan AS.

Dilansir dari KOMPAS.com, insiden perkelahian terjadi dalam penerbangan pesawat Airbus A330-200 milik maskapai penerbangan Belanda, KLM.

Baca: Panggilan Kedua untuk Amien Rais Telah Disiapkan

Baca: Anggota TNI Temukan Brankas Berisi Rp 1 Miliar di Reruntuhan Gereja Saat Evakuasi Korban

Baca: Persib Bandung vs Madura United - Sempat Menolak, Kini Mario Gomez Bilang Suka Stadion Batakan

Perkelahian tersebut terjadi saat pesawat berada di wilayah udara Jerman, sekitar setengah jam sebelum mendarat di Bandara Schiphol di Amsterdam.

"Seorang pria Amerika berusia 29 tahun mendadak menjadi agresif setelah diminta oleh kru penerbangan untuk kembali ke tempat duduknya," kata juru bicara polisi militer nasional Belanda, Joanna Helmonds.

"Perkelahian kemudian pecah, namun awak kabin bersama dengan penumpang lainnya berhasil menahan pria tersebut," tambahnya tanpa menyebut nomor penerbangan maupun nama maskapai yang dimaksud.

Sejumlah penumpang dilaporkan mengalami luka ringan akibat perkelahian di dalam penerbangan tersebut, termasuk dua orang yang mengalami mata lebam akibat pukulan.

Pesawat penumpang kemudian mendapat izin khusus untuk segera mendarat di Bandara Schipol dan petugas keamanan langsung menangkap pria Amerika tersebut setelah mendarat.

Helmonds mengatakan, pria itu sempat diperiksa oleh pihak keamanan di bandara dan digambarkan oleh petugas mengalami kebingungan.

"Pria itu telah dibawa ke sebuah institusi psikiatri untuk dilakukan observasi lebih lanjut," kata Helmonds.

Juru bicara KLM mengatakan bahwa pihak maskapai menyesalkan insiden yang terjadi saat penerbangan tersebut.

"Awak kabin telah mengikuti prosedur normal ketika berhadapan dengan penumpang yang sulit diatur. Baik penumpang maupun awak pesawat telah mengajukan keluhan terhadap pria itu," kata juru bicara KLM, Heleen Makkinga.

Sementara dari Angkatan Udara Belanda dalam pernyataannya mengatakan, pengiriman jet tempurnya yang dilengkapi persenjataan misil dalam misi pengawalan pesawat penumpang itu dilakukan dalam kasus yang sangat tidak biasa dan dengan kewaspadaan tinggi. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penumpang Berkelahi di Pesawat, Angkatan Udara Belanda Kirim Dua F-16" 
Editor: nandrson
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved