GEMPA MANADO

Trauma Gempa Palu, Begini Kepanikan Warga Bitung Sulawesi Utara saat Terjadi Gempa Bermagnitudo 5,2

Masyarakat Bolaang Mongondow dikejutkan dengan gempa bumi yang berlangsung kurang lebih 10 detik sekitar pukul 12.36 wita, Sabtu (13/10/2018).

Trauma Gempa Palu, Begini Kepanikan Warga Bitung Sulawesi Utara saat Terjadi Gempa Bermagnitudo 5,2
INFO BMKG
Gempa Manado Sulawesi Utara 

TRIBUNBATAM.id - Gempa bumi tektonik bermagnitudo 5,2 (awalnya disebut 5,6) mengguncang sebagian besar wilayah Sulawesi Utara, Sabtu (13/10/2018),  pukul 12:34:16 Wita atau 11.34.16 WIB, wilayah laut di sebelah timur Kota Bitung.

Berdasarkan rilis  yang diterima Tribunmanado.co.id dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Manado, hasil analisis menunjukkan bahwa gempa bumi berkekuatan M=5,6 terjadi dengan koordinat episenter pada 1,36 LU dan 125,46 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 38 km arah Tenggara Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara pada kedalaman 97 km.

Kemudian hasil analisis diupdate M=5,2 terjadi dengan koordinat episenter pada 1.36 LU dan 125.46 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 38 km arah tenggara Bitung, Propinsi Sulawesi Utara pada kedalaman 115 km.

Berdasarkan laporan dari masyarakat dampak gempabumi dirasakan di daerah Bitung dan Tondano pada skala III MMI, Manado pada skala II MMI dan Airmadidi juga pada skala II-III MMI.

Baca: UPDATE GEMPA HARI INI - Gempa Manado Terjadi Sekitar 10 Detik Getarkan Dinding Bangunan

Baca: INFO GEMPA HARI INI - Gempa Bermagnitudo 5,6 Guncang Sulawesi Utara, Sabtu (13/10)

Baca: INFO GEMPA HARI INI - Gempa Bermagnitudo 3,7 Guncang Wilayah Pesisir Barat Lampung

Baca: INFO GEMPA HARI INI - Gempa Bermagnitudo 2,4 Guncang Dieng, Banjarnegara Sabtu (13/10)

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan.

Gempa bumi Laut Maluku ini jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya merupakan jenis gempa bumi menengah, akibat aktivitas subduksi Lempeng Laut Maluku.

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme sesar berupa sesar oblique naik (oblique thrust).

Hingga pukul 12.10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Warga Bitung Berlarian

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help