BISNIS

BI Dorong Transaksi Nontunai untuk Menunjang Pengembangan Pariwisata Kepri

Kepala BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra mengajak stakeholder untuk memajukan pariwisata Kepri

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Kepala Bank Indonesia Kepulauan Riau, Gusti Raizal Eka Putra mengajak seluruh stakeholder untuk memajukan pariwisata Kepri dengan pengembangan sistem pembayaran yang lebih baik.

"Saya yakin pariwisata Kepri akan maju. Saat ini memang Kepri masih nomor 3 di bawah Bali dan Jakarta. Dengan pembayaran nontunai, pastinya akan lebih menunjang pariwisata kita," paparnya dalam Forum Grup Discussion(FGD) yang membahas pengembangan destinasi wisata dan elektronifikasi sistem pembayaran di wilayah Kepri, Selasa (6/11).

Meningkatnya pariwisata Kepri akan memberikan dampak kepada devisa negara.
Ia mengungkapkan, berdasarkan data yang dimiliki, pariwisata memberikan kontribusi terbesar untuk Kepri.

"Kalau mengharapkan faktor-faktor pertumbuhan seperti ekspor, impor dan lainnya di Kepri tentu akan sangat berat. Perang dagang Amerika dan China itu memberikan dampak juga untuk Indonesia. Maka dari itu kembali lagi kita harus dorong pariwisata," katanya.

"Bank Indonesia akan coba mendorongkan pembayaran lebih ke non tunai/less cash untuk pertumbuhan ekonomi. Mulai 1 Januari 2019 sudah mulai diberlakukan non tunai," lanjutnya.

Kadis Pariwisata Provinsi Kepri, Buralimar mengakui target yang diberikan Kementerian Pariwisata terhadap Kepri sangatlah besar.

"Kunci dari pariwisata itu sendiri yaitu Atraksi, Aksebilitas dan Amunitas. Kita akan berusaha memaksimalkan 3A tersebut. Kalau untuk branding Indonesia sudah di posisi ke-2. Kemarin waktu piala dunia, dan lain-lain kan ada tulisan Wonderful Indonesia," ujarnya. (*)

Penulis: Dewangga Rudi Serpara
Editor: Rimna Sari Bangun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved