BATAM TERKINI

Banyak Anggota Dewan Tak Datang & Sidang Paripurna Molor, Ketua DPRD Kota Batam Meradang

Wajah Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto tampak kesal. Hampir 1 jam ia menunggu rekan-rekannya datang, menghadiri rapat paripurna di DPRD.

Banyak Anggota Dewan Tak Datang & Sidang Paripurna Molor, Ketua DPRD Kota Batam Meradang
TRIBUNBATAM.id/DEWI HARYATI
Suasana sidang paripurna di gedung DPRD Kota Batam sempat di skors dua kali karena tak memenuhi kuorum, Kamis (14/11/2018) 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Wajah Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto tampak kesal. Hampir 1 jam ia menunggu rekan-rekannya datang, menghadiri rapat paripurna di DPRD, Rabu (14/11/2018).

Namun jumlah anggota yang hadir belum juga memenuhi kuorum untuk terlaksananya rapat paripurna. Padahal kegiatan sudah diskors sebanyak dua kali.

Kekesalan Nuryanto tak hanya terlihat dari wajahnya. Iapun sempat melontarkan kalimat pesimistis.

Meski nadanya tak terlalu keras, namun masih bisa didengar jelas anggota Dewan dan tamu undangan lainnya yang hadir dalam rapat paripurna tersebut.

Baca: Diduga Akan Dijadikan TKI, Dua Anak di Bawah Umur Diamankan di Pelabuhan Batam Centre

Baca: Joged Syantik hingga Nasi Padang. Begini Kemeriahan Perayaan HUT ke-73 Brimob di Kepri

Baca: Diduga Lakukan Money Politic, Bawaslu Karimun Proses Tiga Orang Caleg. Begini Kejadiannya

Baca: HUT ke-73 Brimob, Kapolda Kepri : Hilangkan Arogansi dan Kekerasan Eksesif

Baca: Motor Tabrak Pohon dan Nyungsep ke Parit di Tanjungpinang, Begini Kondisi Pengendara dan Anaknya

"Apa sudah tak mau jadi anggota Dewan lagi?," kata laki-laki yang akrab disapa Cak Nur itu.

Agenda kegiatan pada rapat paripurna tersebut, yakni penyampaian Ranperda (rancangan peraturan daerah) APBD Kota Batam beserta nota keuangan tahun anggaran 2019 oleh Wali Kota. Kegiatan dijadwalkan mulai pukul 10.00 WIB. Namun hingga mendekati pukul 11.00 WIB, jumlah anggota dewan yang hadir belum 26 orang (syarat kuorum) atau lebih dari itu.

"Rapat paripurna belum bisa dilanjutkan. Belum kuorum. Sesuai ketentuan, diberikan dua kali tenggat waktu tak lebih dari 1 jam. Namun hingga akhir waktu, belum juga terpenuhi," ujarnya.

Sesuai ketentuan, rapat paripurna akan dilakukan kembali dalam waktu tiga hari atau waktu yang ditentukan Badan Musyawarah (Banmus). Iapun meminta Banmus menjadwalkan kembali rapat paripurna hari itu.

Namun belum lagi mengetuk palu, tanda rapat paripurna berakhir, ada suara-suara dari anggota dewan yang hadir. Menyatakan, jika anggota dewan yang hadir sudah memenuhi kuorum. Terakhir jumlah anggota dewan yang hadir sebanyak 29 orang.

"Masing-masing fraksi, ayo maju ke depan," pinta Nuryanto meminta kebijakan dari para fraksi.

Akhirnya, rapat paripurna hari itu tak jadi ditutup dan dilanjutkan dengan penyampaian Ranperda oleh Wali Kota Batam, Rudi.

"Dengan membaca bismillah, rapat paripurna hari ini dibuka secara resmi dan terbuka untuk umum," kata Nuryanto, mengulang kalimatnya ketika pertama kali membuka rapat paripurna Rabu itu. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved