BATAM TERKINI

HP Bekas Banjiri Batam, Bea Cukai Ungkap Modus Penyeludupan dari Singapura

Kasi penindakan BC Batam Fabian Cahyo Wibowo, Kamis (6/12/2018) sore mengatakan, ada beberapa modus para pemain HP untuk menyelundupkan barang bawaany

HP Bekas Banjiri Batam, Bea Cukai Ungkap Modus Penyeludupan dari Singapura
TRIBUNBATAM.id/ISTIMEWA
Handphone seludupan yang berhasil di tegah petugas BC Batam 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Batam menjadi salah satu kawasan yang sering dijadikan tempat transit Handphone (HP) selundupan. Beberapa waktu lalau petugas Lanal Batam mengamankan ribuan HP di perairan Batam. Hal yang sama sebelumnya juga dilakukan oleh petugas Bea dan Cukai (BC) Batam.

Kasi penindakan BC Batam Fabian Cahyo Wibowo, Kamis (6/12/2018) sore mengatakan, ada beberapa modus para pemain HP untuk menyelundupkan barang bawaanya ke Batam.

Seperti membawa beberapa unit dari Singapura, atau bermain jumlah besar dengan cara mengangkut menggunakan speedboat.

Selain itu, Fabian mengatakan, barang yang dibawa dari Singapura itu tidak terjamin barang itu baru. Karena tidak ada pemeriksaan selama ini.

"Biasanya kalau di pelabuhan langsung kita sita. Karena sesuai dengan peraturan, tidak boleh membawa HP lebih dari dua diluar dari HP pribadinya," sebut Fabian.

Baca: Warganet Keluhkan Gangguan Jaringan Internet di Batam, Telkomsel Minta Maaf

Baca: Angin Puting Beliung Terjang Bogor, Pohon Timpa Mobil Avanza, Pengendara Mobil Tewas

Baca: Video dan Foto Dahsyatnya Angin Puting Beliung Terjang Bogor. Pohon Roboh Timpa Mobil

Kemudian untuk pemain besar, menurut Fabian para pelaku sangat liahi, apalagi dia menggunakan speedboad dengan kecepata sangat tinggi.

"Itu yang susah kita tangkap. Karena untuk saat ini, kami tidak mempunyai speedboat seperti mereka. Hanya BC Kepri saja yang punya. Buktinya, mereka sering melakukan penegahan," sebutnya.

Memang untuk di Batam saja, penyelundupan HP ini seolah tidak terbendung. Walaupun banyak yang di tangkap, namun banyak juga yang lolos. Kita lihat sendiri, Kota Batam banjir HP bekas dengan kualitas baru.

Harganyapun di bawah harga Hp baru. Tak heran, sejauh ini, Batam masih menjadi salah satu daerah seksi bagi pemburu HP bekas.

Untuk petugas BC Batam sudab melakukan penegahan sebanyak 2454 HP Batangan. Iti terhitung dari tahun 2017 hingga november 2018. Belum lagi tangkapam pihal lanal Batam yang berjumlah Ratusan ribu.(koe)

Penulis: Eko Setiawan
Editor: Zabur Anjasfianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved