KALEIDOSKOP 2018 - Punya 120 Jet Tempur, Karena Alasan Ini Singapura Sering Nebeng Negara Lain

Sebagai negara yang memiliki keterbatasan wilayah, AU Singapura ternyata tidak kesulitan untuk melaksanakan latihan terbang tempur secara rutin.

KALEIDOSKOP 2018 - Punya 120 Jet Tempur, Karena  Alasan Ini Singapura Sering Nebeng Negara Lain
Intisari
Pilot tempur Singapura lebih banyak latihan di manca negara 

TRIBUNBATAM. id - Meskipun Angkatan Udara Singapura memiliki jet tempur yang lebih banyak dibandingkan pesawat tempur TNI AU, dan ruang udaranya terbatas para pilot AU Singapura ternyata tidak mengalami kesulitan saat melaksanakan latihan terbang.

Saat ini AU Singapura memiliki sekitar 120 jet tempur, sementara TNI AU memiliki sekitar 55 jet tempur.

Sebagai negara yang memiliki keterbatasan wilayah, AU Singapura ternyata tidak kesulitan untuk melaksanakan latihan terbang tempur secara rutin.

Untuk mengatasi kesulitan lahan itu, AU Singapura, seperti juga Angkatan Daratnya, telah bekerja sama dengan sejumlah negara agar selalu dalam kondisi siap tempur.

Sejumlah fasilitas latihan terbang tempur yang berada di luar Singapura itu antara lain berlokasi di Australia, Perancis, Amerika Serikat, Afrika Selatan, dan Thailand.

Di Australia, AU Singapura menggunakan fasilitas pangkalan udara yang berada di kawasan Tamworth, New South Wales, untuk melatih dan sekaligus menyeleksi para pilotnya menjadi penerbang militer.

Latihan terbang selama 34 minggu ini menggunakan pesawat latih Pilatus PC-21.

Bagi pilot yang sudah lulus menerbangkan Pilatus akan mendapatkan pelatihan terbang lanjut sekaligus mempersiapkan diri untuk menerbangkan jet tempur.

Pelatihan terbang menggunakan jet tempur berlangsung di Cazaux Air Base, Perancis selama 9 bulan menggunakan pesawat latih Alenia Aermaccchi M-346 Master.

Materi pelatihan yang diselenggarakan oleh Skadron 50 AU Singapura itu antara lain melatih kemahiran manuver terbang tempur, teknik menggunakan senjata, dan lainnya.

Halaman
12
Editor: Rio Batubara
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved