BATAM TERKINI

BP Batam Tanam Pohon Tabebuya Mirip Bunga Sakura di Kawasan Taman Rusa Sekupang

Keberadaan Taman Rusa di Sekupang akan semakin indah ke depannya. Lantaran ditanami pohon Tabebuya oleh pegawai BP Batam.

BP Batam Tanam Pohon Tabebuya Mirip Bunga Sakura  di Kawasan Taman Rusa Sekupang
Istimewa
Pegawai BP Batam tanam pohon di Taman Rusa di Sekupang 

TRIBUNBATAM.id, BATAM- Keberadaan Taman Rusa di Sekupang akan semakin indah ke depannya. Lantaran ditanami pohon Tabebuya. Badan Pengusahaan (BP) Batam melakukan penanaman bibit pohon Tabebuya di sekitar rute jogging track di kawasan Taman Rusa, Jumat (4/1/2019) lalu.

Ada 91 bibit pohon Tabebuya yang ditanam secara bertahap.
Kasubdit Pemanfaatan Aset Lainnya di Direktorat Pemanfaatan Aset BP Batam, Wildan Arief mengatakan, Tabebuya ini merupakan tanaman yang memiliki bunga mirip seperti bunga Sakura di Jepang.

"Tapi habitatnya cocok untuk ditanam di Batam yang beriklim kering, dibanding pohon Sakura yang hidup di Jepang dengan musim-musim tertentu," kata Wildan kepada Tribun, Sabtu (5/1/2019).

Ia melanjutkan, pohon ini sebenarnya berasal dari Brazil. Namun bisa tumbuh dengan baik di Indonesia. Malah beberapa kota besar di Indonesia, sebut saja seperti Surabaya, Malang, Purwokerto dan lainnya, sudah banyak menanam pohon ini di daerahnya.

Baca: Diresmikan, Kebun Raya Batam Jadi Destinasi Wisata Baru. Ada 2.500 Jenis Tanaman

Baca: Rencana Ahok saat Bebas Penjara 24 Januari 2019. Liburan ke Selandia Baru, Jepang, dan Eropa

Baca: Tekan Kecelakaan dan Kemacetan di Jalan, Ditlantas akan Buat Jam Operasional Truk di Batam

"Itu karena keindahan dan keanekaragaman warnanya yang menambah indah suasana lingkungan," ujarnya.

Setiap spesies pohon Tabebuya memiliki warna bunga yang berbeda-beda. Warna yang banyak dikenal saat ini seperti putih, pink muda, kuning, kuning, orange, magenta, pink tua, dan merah.

Daunnya juga tidak mudah rontok. Selain itu di kala musim berbunga, maka bunganya terlihat sangat indah dan lebat.

"Dan yang paling penting, karena Tabebuya ini dijadikan sebagai pohon peneduh jalan. Akarnya mestinya tidak merusak beton atau aspal," kata Wildan.

Diharapkan, nantinya kawasan Taman Rusa itu bisa menjadi tempat alternatif bagi masyarakat Batam khususnya, dan wisatawan, sebagai sarana rekreasi dan hiburan yang mendekat ke alam. Sehingga banyak pengunjung yang akan datang ke sana.

"Penanaman Tabebuya ini, visi ke depannya juga sekaligus sebagai bentuk pemeliharaan lingkungan. Sebagai salah satu kegiatan go green. Karena Tabebuya merupakan pohon besar peneduh, sebagai legacy untuk diwariskan ke generasi berikutnya," ujarnya.

Taman Rusa sendiri merupakan tempat penangkaran Rusa Totol yang ada di Batam. Lokasinya berada di kawasan Tanjungpinggir, Sekupang, tak jauh dari Guest House BP Batam. Rusa-rusa itu tidak langsung ada begitu saja, tetapi didatangkan dari Kebun Raya Bogor. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Sihat Manalu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved