PEMILU 2019

Dilarang Libatkan Anak. Buat Parpol, Perhatikan Aturan Ini Selama Masa Kampanye

KPU dan KPPAD Kepri sepakat membentuk satuan tugas (satgas) untuk meminimalisir pelibatan anak saat kampanye. Simak daftar larangan selama kampanye

Dilarang Libatkan Anak. Buat Parpol, Perhatikan Aturan Ini Selama Masa Kampanye
tribunnews batam/ian sitanggang
Ilustrasi masa kampanye 

KPU dan KPPAD Kepri Memberikan Warning Pada Parpol Agar Tak Melibatkan Anak Selama Masa Kampanye

TRIBUNBATAM.id, BATAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau dan Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak (KPPAD) Kepri sepakat membentuk satuan tugas (satgas) untuk meminimalisir pelibatan anak saat  kampanye.

“Tujuannya untuk meminimalisir pelanggaran pemilu dan menindak pelanggaran yang melibatkan anak saat kampanye dan aktivitas politik selama masa kampanye berlangsung. Khususnya saat masa kampanye sudah tahap rapat umum. Kampanye dalam bentuk rapat umum partai berlangsung selama 21 hari yaitu mulai pertengahan Maret dan berakhir 13 April 2019,” jelas Ketua KPPAD Kepri Erry Syahrial, Sabtu (19/1/2019).

Dijelaskan Erry, kesepakatan ini diperoleh setelah KPPAD Kepri beraudiensi dengan Ketua dan komisioner KPU Kepri di kantor KPU Kepri di Tanjungpinang. 

Ketua KPU Kepri Sriwati yang didampingi dua komisioner KPU Kepri, Priyo dan Arison mengatakan, pihaknya bersama KPPAD Kepri dan Bawaslu Kepri bisa membentuk satgas bersama untuk memantau pelanggaran selama kampanye, terutama terkait dengan pelanggaran hak-hak anak.

Pelanggaran yang terjadi bisa dikaji bersama dan dirumuskan tindaklanjutnya seperti apa sesuai rekomendasi satgas yang dibentuk.

Dijelaskan Sriwati, sebagaimana diulas kembali Erry kepada Tribunbatam.id, KPU Kepri sebelumnya berdasarkan UU Pemilu juga sudah mengandeng lembaga lain untuk melakukan pengawasan pemilu, antara lain dengan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Kepri terkait konten kampanye di radio dan televisi serta dengan dewan pers  terkait pengawasan konten di media cetak baik pemberitaan maupun iklan.

Batam Segera Miliki 2 Puskesmas Baru di Tiban Mentarau dan Tembesi

Presiden Jokowi Ikuti Cukur Massal saat Resmikan Perumahan Bagi Tukang Cukur di Banyuresmi Garut

Pengiriman Dilakukan Bertahap, hingga Kini Batam Masih Butuh 38.000 Blangko E-KTP Tambahan

Kontak Senjata TNI dan KKB di Puncak Jaya Papua. Satu Prajurit TNI Gugur

TRIBUNWIKI - Masjid Terdekat dari Pelabuhan Internasional Batam Center

TRIBUNWIKI - Daftar Nama Camat 12 Kecamatan di Kota Batam

KPU Kepri juga memberikan kesempatan kepada KPPAD Kepri untuk mensosialisasikan perlindungan anak kepada partai politik, caleg dan masyarakat terutama materi terkait pelarangan anak dalam kegiatan politik dan pelibatan anak dalam kampanye.

‘’Kami berharap ada kesempatan bagi KPPAD Kepri untuk ambil bagian dalam pemilu ini di sisi perlindungan anak. Baik itu melalui upaya pencegahan pelibatan anak dalam kegiatan politik dan kampanye dengan memberikan materi sosialisasi ke parpol caleg dan masyarakat, maupun dalam  upaya penegakkan hukum bila terjadi pelanggaran nantinya,’’ tambah Erry.

FOLLOW JUGA :

Halaman
12
Penulis: Leo Halawa
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved