BATAM TERKINI

SELAMAT YA! 2 Sekolah di Batam Ini Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional 2018

Dua sekolah di Batam menerima penghargaan Adiwiyata Nasional 2018 karena dinilai memiliki kesadaran dalam hal pelestarian lingkungan.

SELAMAT YA! 2 Sekolah di Batam Ini Terima Penghargaan Adiwiyata Nasional 2018
NET
logo adiwiyata 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Dua sekolah di Batam, yakni SMKN 1 dan SMPN 26 Batam, mendapat Penghargaan Adiwiyata Nasional 2018.

Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran anggota sekolah, dalam upaya pelestarian lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, Herman Rozie mengatakan, ada empat komponen penilaian Adiwiyata.

Pertama berkaitan dengan kebijakan berwawasan lingkungan, kedua pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, ketiga kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan keempat pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

"Misal dilihat dari ada atau tidaknya sarana fisik pendukung. Seperti tempat sampah yang terpilah, kantin sehat, dan sebagainya," kata Herman, Senin (21/1) di Gedung Wali Kota Batam.

Ia melanjutkan, sebelum mendapat penghargaan ini, pihaknya bersama Dinas Pendidikan memang menawarkan kepada sekolah-sekolah di Batam, supaya ikut penilaian Adiwiyata.

Ular Piton Sepanjang 10 Meter Gegerkan Warga. Ditangkap Saat Mangsa Hewan Ternak di Kandang

Tak Cuma Ngopi, Kini Ngeteh Juga Populer. Kenali 3 Jenis Teh yang Bisa Jadi Pilihan Ini

Penyuka Kopi? Kenali Yuk, Aneka Jenis Kopi Nikmat Biar Tak Salah Pilih

Buka Rute ke Indonesia, Beginilah 5 Fakta Tentang VietJet Air

Buaya Pemakan Manusia di Minahasa Itu Dikabarkan Mati. Apa Penyebabnya? Ini Kata Pejabat BKSDA

Selanjutnya, dari hasil seleksi ada lima sekolah yang diajukan DLH ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Tak sampai di situ, pihaknya juga melakukan pembinaan kepada lima sekolah tadi. Penilaian dilakukan pihak terkait pada September 2018 dan dilakukan bertingkat.

"Dan dari hasil penilaian itu, diputuskanlah dua sekolah ini, SMKN 1 dan SMPN 26 yang mendapat Adiwiyata Nasional," ujarnya.

Sebelum dua sekolah ini, Batam juga mendapat Penghargaan Adiwiyata Nasional pada 2013 lalu.

Saat itu hanya satu sekolah di Batam yang mendapat penghargaan Adiwiyata. Kemudian pada 2018, ada dua sekolah yang mendapat penghargaan.

Sementara itu, Kepala SMPN 26 Batam, Rafe'ah mengatakan, nilai tertinggi yang didapat sekolahnya dari penilaian Adiwiyata ini yakni dari segi kemitraan. Selain komite sekolah, di SMPN 26 juga terdapat Keluarga Kelas. Terdiri dari orang tua siswa atau wali murid di tiap kelas.

"Semua kegiatan seperti pembuatan taman diskusi, dan sebagainya dikerjakan oleh keluarga kelas," kata Rafeah.

Ia melanjutkan, program kemitraan di SMPN 26 juga dilakukan dengan masyarakat, RW, lurah, dan camat sekitar sekolah yang berlokasi di Batuaji tersebut. (wie)

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved