BATAM TERKINI

Dishub Batam Bakal Sederhanakan Sistem E-Parking. Ini Alasannya!

Dishub Batam akan melakukan penyederhanaan sistem e parking di Batam sebelum diberlakukan secara resmi. Ini alasannya.

Dishub Batam Bakal Sederhanakan Sistem E-Parking. Ini Alasannya!
IST
Ilustrasi Juru parkir 

TRIBUNBATAM.id, BATAM - Hingga saat ini, sistem rencana e-parking belum juga dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam.

Hal ini dikarenakan masih ada penyederhanaan sistem e-parking tersebut.

"Jukir (Juru Parkir) kita di lapangan rata-rata latarbelakang pendidikannya itu masih susah. Jadi mereka susah memahami teknisnya," ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Parkir Dishub Kota Batam, Alexander Banik, Kamis (24/1/2019).

Diakuinya, sejauh ini pihaknya sedang melakukan perbaikan sistem agar mudah dipahami oleh para Jukir. Dishub Batam sedang menyederhanakan sistemnya.

Sementara itu, perihal target retribusi parkir 2019 ini mencapai Rp 15 miliar, Alex optimis dapat tercapai.

Pasalnya Dishub selalu berupaya membuat inovasi-inovasi.

TRIBUNWIKI - Daftar Hotel di Dekat Pelabuhan Internasional Harbour Bay Batam

Sebelum e Parking Diterapkan, Dishub Wajib Presentasikan Kepada DPRD Batam

Penerimaan CPNS 2019 Masih Wacana, Begini penjelasan Kemenpan-RB

Sejak Bagasi Bayar, Omset Turun Drastis. Penjual Oleh-oleh: Biasa Rp 6 Juta Sekarang Rp 2 Juta

VIDEO - Percaya Anaknya Kerasukan Roh Jahat, Suami Istri Tega Kubur Bayinya Hidup-hidup

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Rustam Efendy menceritakan kecanggihan sistem e-parking yang akan diluncurkan Dishub pada Februari mendatang.

Salah satunya, jika sudah menggunakan e-parking masyarakat bisa mengetahui lahan lokasi parkir yang masih kosong, sehingga jika tempat tersebut sudah penuh tak harus masuk lagi.

"Kita bisa melihat misalnya titik ini masih kosong, kita bisa kesana parkirnya. Penggunanya misalnya si Habbibi, nah dia ini nanti bisa melihat dan bisa buka," ujar Kepala Rustam di Kantor Wali Kota Batam Lantai V.

Diakuinya perlengkapan yang digunakan saat menggunakan e-parking ini diantaranya, handphone, aplikasi t-cash, aplikasi e-parking, data kuota internet, dan saldo t-cash. Dishub akan memberikan budget kuota Rp 55 ribu setiap harinya untuk setiap juru parkir (jukir) e-parking disatu titik.

"Keuntungan itu nantinya di kuotanya saja. Aplikasi tak ada bayar. Rp 55 ribu ini nantinya bisa untuk menelpon dan whatshapp. Ada 100 titik parkir rencananya yang akan kita gunakan," paparnya.

Sementara itu, pengisian saldo bisa dibeli langsung di telkomsel. Pihaknya akan mengusahakan awal Februari sudah diluncurkan.

"Sejauh ini kita tinggal menunggu administrasinya saja. Seperti Memorandum of Understanding (MoU), dan lain sebagainya," tutur Rustam. (rus)

Penulis: Roma Uly Sianturi
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved