10 Sungai Paling Tercemar Sampah Plastik di Dunia. Sungai Citarum Juaranya!

Jawa Barat memiliki reputasi terburuk di dunia, yakni juara sungai terkotor yang dialamatkan pada Sungai Citarum oleh sampah plastik

10 Sungai Paling Tercemar Sampah Plastik di Dunia. Sungai Citarum Juaranya!
austroindonesianartsprogram.org
Sungai Citarum Jawa Barat, sungai dengan sampah platik terbesar di dunia 

TRIBUNBATAM.ID - Tagline Jabar Juara yang terus dikobarkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sejatinya untuk prestasi yang baik dan positif.

Namun, kenyataan miris sebaliknya harus diterima bahwa Jawa Barat juga memiliki reputasi terburuk di dunia, yakni juara sungai terkotor yang dialamatkan pada Sungai Citarum.

Sungai Citarum adalah sungai terbesar dan terpanjang di Jawa Barat, saat ini dicatat oleh ibanplastic.com sebagai sungai paling tercemar di dunia, akibat sampah plastik.

Pencemaran Sungai Citarum adalah akibat sampah plastik yang selama bertahun-tahun, selalu saja menjadi masalah terbesar di jawa Barat, namun tidak pernah tuntas.

Dilansir TribunBatam.id dari The Thaiger, setiap tahun, hasil riset Eco News, dunia memproduksi 300 juta ton plastik, dan 8,8 juta ton ini dibuang ke lautan.

Sampah plastik itu terdiri atas sekitar 40 miliar botol plastik, 100 miliar kantong plastik sekali pakai, dan 522 juta item perawatan pribadi.

Yang mengkhawatirkan, 270.000 ton plastik ini melayang di permukaan laut.

Plastik itu kemudian terpecah menjadi 5 tirilun potongan kecil, tidak termasuk jutaan partikel mikroplastik.

Bisakah Anda membayangkan berapa banyak 270.000 ton plastik itu?

Ini setara dengan 33.750.000 bola bowling, 135.000 mobil, 130.000 kapal berukuran sedang, 1.225 kereta barang, atau 36.000 gajah dewasa.

Halaman
1234
Penulis: Alfian Zainal
Editor: Alfian Zainal
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved