ANAMBAS TERKINI

Rencana Pembentukan Kecamatan Kute Siantan Anambas, Panitia dan Bupati Sudah di Kemendagri

"Mengenai Kute Siantan, tim dari Kasubdit Kecamatan sudah melakukan survey ke lapangan pada bulan April 2018," ujar Sahiruddin

Rencana Pembentukan Kecamatan Kute Siantan Anambas, Panitia dan Bupati Sudah di Kemendagri
TRIBUNBATAM.id/SON
Ilustrasi Berita Anambas Pembentukan Kecamatan Kute Siantan di Kabupaten Kepulauan Anambas 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia menyebut memiliki beban moral mengenai rencana pembentukan Kecamatan Kute Siantan.

Dalam pertemuan yang dilakukan antara panitia pembentukan kecamatan dengan Kasubdit Kecamatan di Kemendagri belum lama ini, pihaknya menyebut rencana pembentukan kecamatan itu sudah layak untuk mendapat persetujuan, serta tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan dengan dasar kepentingan strategis nasional.

"Mengenai Kute Siantan, Beliau mengatakan seperti itu. Bahkan, tim dari Kasubdit Kecamatan sudah melakukan survey ke lapangan pada bulan April 2018," ujar Koordinator Humas Panitia Pembentukan Kecamatan, Sahiruddin Rabu (13/2/2019).

Ia menjelaskan, Mendagri bakal melakukan pertemuan internal untuk membahas pembentukan kecamatan baru ini.

Selain merupakan aspirasi dari bawah, Kemendagri bakal membahas secara bersama bersama dengan Pemerintah Daerah.

"Insya Allah hari ini rencana pertemuannya dan bakal bertemu dengan Dirjen Adwil Kementrian Dalam Negeri. Direncanakan Pak Bupati hadir dalam pertemuan ini," ungkapnya. ‎

Penyanyi Raisa Andriana Jadi Ibu, Lahirkan Anak Pertama Melalui Persalinan Sesar

Mengaku Kepanasan, Marion Jola Buka Jaket di Depan Anak-anak SMA, Begini Reaksi Cepat Kru

Teka-teki Lenyapnya Aliran Air Kali Kuning Sleman hingga Kering Akhirnya Terjawab, Ini Penyebabnya

Live Facebook Ekspose Kasus Pembunuhan Fitri Suryati

Pihaknya pun juga berharap ada dukungan serius baik dari Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat. Ini dinilai penting dalam memuluskan niat masyarakat di lima desa agar kecamatan baru di Pulau Matak bisa terealisasi.

Ia mencontohkan, semangat Kabupaten Lingga yang terus bolak balik untuk melaksanakan pertemuan untuk menggolkan niat mereka untuk menambah kecamatan baru.

Pihak Kemendagri juga meluruskan surat audiensi yang sebelumnya disampaikan oleh Pemerintah Daerah ke Kemendagri pada 8 Januari 2019, tidak perlu menunggu jawaban dari Mendagri.

"Kasubdit Kecamatan di Kementerian Dalam Negeri, Pak Budi menyampaikan kepada kami seperti itu. Artinya, Pemerintah Daerah harus pro aktif berkomunikasi dengan Kemendagri," katanya.

‎Rocky Hasudungan Sinaga, anggota DPRD Anambas yang dihubungi mengatakan, terdapat perwakilan DPRD yang bakal hadir dalam pertemuan itu.

Selain dirinya, terdapat beberapa anggota DPRD Anambas lainnya mewakili komisi dan unsur pimpinan.

"Selain saya, ada dari DPRD ada Pak Wakil Ketua I, ‎dan Firman Edi yang rencananya hadir. Dari Pemerintah Daerah, kami mendapat informasi Pak Bupati juga hadir. Namun, ini belum terkonfirmasi," katanya.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved