Pembentukan Kecamatan Kute Siantan Temui Titik Terang, Begini Kata Anggota DPRD Anambas Ini

Pembentukan kecamatan Kute Siantan bisa diproses sesuai dengan Peraturan Presiden tentang Kawasan Strategis Nasional.

Pembentukan Kecamatan Kute Siantan Temui Titik Terang, Begini Kata Anggota DPRD Anambas Ini
TRIBUNBATAM.id/IST
Pertemuan antara panitia pembentukan kecamatan, Pemerintah Daerah dan perwakilan Kemendagri di lantai 7 Gedung Kemendagri Rabu (13/2/2019). Terdapat celah untuk merealisasikan pembentukan kecamatan itu, dengan mempertimbangkan kawasan strategis nasional. 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Pembentukan Kecamatan Kute Siantan sedikit menemui titik terang.

Angin segar muncul paska pertemuan antara perwakilan panitia pembentukan kecamatan, Pemerintah Daerah, DPRD dan perwakilan dari Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan ‎Kementrian Dalam Negeri di lantai 7 ruang Gedung Kemendagri Rabu (13/2/2019) kemarin.

Pembentukan Kute Siantan bisa diproses sesuai dengan Peraturan Presiden tentang Kawasan Strategis Nasional.

"Alhamdulillah dalam pertemuan kemarin, dari Kasubdit Kecamatan Bapak Budi S. Sudarmadi menyampaikan seperti itu. Ini menjadi semangat baru dan energi bagi kami untuk merealisasikan Kecamatan Kute Siantan," Koordinator Humas Panitia Pembentukan Kecamatan Kute Siantan, Sahiruddin Kamis (14/2/2019).

Dalam pertemuan yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB itu, panitia pembentukan kembali menanyakan alasan Kute Siantan tidak masuk ke dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 19 tahun 2008.

Cantiknya Wajah Baby Zalina, Anak Raisa dan Hamish Daud, Lihat Foto-fotonya

Fitur Baru Whatsapp, Pengguna Bakal Bisa Tolak atau Terima Masuk Grup WA

Ssst, Nissan Grand Livina 2019 Bakal Diluncurkan Minggu Depan

BERITA PERSIB - Ezechiel NDouassel Pulang Kampung, Siapa Striker Persib Lawan Arema FC?

Mereka mempertanyakan mengapa terdapat persyaratan bagi Kute Siantan ‎sehingga belum dapat diproses lebih lanjut Karena cakupan wilayah kecamatan kurang dari persyaratan yang telah ditentukan dalam peraturan perundang-undangan.

"Ini sesuai dengan surat dari Mendagri ter tanggal ‎13 Maret 2018. Kami dari tim sudah mencari peraturan perundang-undangan yang mengatakan satu daratan dengan kecamatan induk belum dapat diproses.

Namun Direktur dekosentrasi tugas pembantuan dan kerjasama, Bapak Sugiarto yang mendampingi ketika itu meminta agar kami tidak membahasnya kembali. Karena, kalau dibahas maka akan saling menyalahkan satu sama lain dan dikhawatirkan menghambat pembentukan kecamatan ini," ungkapnya.

Peluang terbentuknya Kecamatan Kute Siantan, in pun juga disampaikan anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Rocky Hasudungan Sinaga.

Ia mengatakan kalau Kementrian Dalam Negeri membuka jalan agar pementukan kecamatan ini dengan memperhatikan kepentingan strategis nasional yang diatur oleh Peraturan Pemerintah nomor 17 Tahun 2018 tentang kecamata, dengan berpedoman pada Peraturan Presiden.

"Pertimbangannya ke sana. Rencananya pihak Kementrian Dalam Negeri akan membahas bersama perbatasan apakah masuk atau tidak. Apabila masuk dalam Per‎aturan Presiden ke dalam kawasan strategis nasional, maka tidak perlu lagi menunggu Perpres baru. Cukup menggunakan Perpres yang lama tentang wilayah yang masuk dalam kawasan strategis nasional," ungkapnya saat menghubungi Tribun.‎(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved