PEMILU 2019

Hari ini, Sebanyak 34 Pengawas TPS Kecamatan Siantan Akan Dilantik, Mulai Bekerja 14 April 2019

"Hari ini ada 34 orang pengawas TPS yang dilantik. Seharusnya ada 37 Petugas TPS, namun tiga orang tidak memenuhi syarat," ujarnya Senin

Hari ini, Sebanyak 34 Pengawas TPS Kecamatan Siantan Akan Dilantik, Mulai Bekerja 14 April 2019
logo bawaslu Ri 

TRIBUNBATAM.id, ANAMBAS - Sebanyak 34 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk Kecamatan Siantan dilantik hari ini.

Ketua Panwascam Siantan Ariyanto mengatakan, jumlah PTPS yang bakal dilantik ini belum memenuhi jumlah TPS yang berjumlah 37 untuk di Kecamatan Siantan.

Proses pelantikan akan berlangsung di salahsatu aula tempat penginapan di Kecamatan Siantan.

"Hari ini ada 34 orang Pengawas TPS yang dilantik. Seharusnya ada 37 Petugas TPS, namun tiga orang tidak memenuhi syarat," ujarnya Senin (25/3/2019).

Ia mengatakan, kalau kendala usia menjadi salahsatu hal yang membuat tiga orang peserta PTPS tidak memenuhi syarat.

Sesuai aturan yang dikeluarkan oleh Bawaslu Republik Indonesia, usia 25 tahun minimal disepakati untuk menjadi PTPS dengan latar pendidikan minimal SMA.

TRIBUN WIKI - Syarat dan Cara Mengurus Surat Ahli Waris, Ini Dokumen yang Harus Disiapkan

Jadwal Siaran Langsung MNC TV Myanmar vs Timnas Indonesia, Jam 18.00 WIB: Debut Resmi Simon McMenemy

Timnas U23 Indonesia Kalah, Pelatih Indra Sjafri: Jangan Salahkan Egy, Marinus, atau Pemain Lain

Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini, Ada Potensi Hujan Turun di Sejumlah Wilayah di Kepri

Hasil Lengkap Kualifikasi Piala Eropa 2020 Minggu (24/3); Polandia dan Belgia Masih Sempurna

Untuk mengantisipasi kekurangan PTPS itu, staff dari Panwascam Siantan bakal ditempatkan sebelum adanya instruksi lebih lanjut dari Bawaslu.

"Salahsatu kendalanya di usia. Langkah sementara yang kami ambil sebelum ada instruksi lebih lanjut untuk menutupi kekurangan PTPS seperti itu. Masing-masing TPS akan diisi oleh satu orang PTPS," ungkapnya.

Ia mengatakan kalau jumlah PTPS Siantan merupakan ‎jumlah terbanyak nomor dua di Anambas dimana jumlah di Palmatak menempati urutan pertama dengan jumlah 42 orang PTPS.

Ia menambahkan kalau masa kerja PTPS mulai berlaku sejak masa tenang dilakukan ‎yakni pada tanggal 14 April 2019 sampai berjalannya proses pemilihan umum.

Tugas mereka memastikan tidak adanya pelanggaran Pemilu di tempat tugas mereka, termasuk masih adanya pemasangan atribut partai pada masa tenang selama tiga hari sebelum hari pemilihan di tanggal 17 April 2019.

Ariyanto juga mengatakan, ‎untuk proses perekrutan PTPS dilakukan mulai tanggal 11 Februari sampai 24 Maret 2019.

Sesuai arahan Bawaslu Republik Indonesia, pihaknya bahkan melakukan perpanjangan pendaftaran selama dua hari terhitung dari tanggal 25 sampai 27 Februari 2019.

Dalam melaksanakan tugasnya, PTPS akan dibekali kartu identitas berikut dengan Surat Keputusan yang wajib dibawa oleh PTPS ke TPS.

"Prosesnya, PTPS bila menemukan adanya indikasi pelanggaran Pemilu, mereka akan melaporkan ke Pengawas Kelurahan atau Desa. Mereka kemudian menyampaikan hal itu kepada Panwascam di Kecamatan," katanya.(tyn)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved