Lanal Tangkap Empat Speedboat Pembawa TKI Ilegal, 4 Orang Ditetapkan Sebagai Tersangka

Tim F1QR Lanal TBK menangkap empat pria yang menjadi tekong TKI ilegal pada Kamis (4/4) malam. Keempat pria tersebut diamankan bersama empat speed bo

Lanal Tangkap Empat Speedboat Pembawa TKI Ilegal, 4 Orang Ditetapkan Sebagai Tersangka
TRIBUNBATAM.id/elhadif putra
Pers rilis penangkapan tekong TKI ilegal yang dipimpin Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro. 

TRIBUNBATAM.id, KARIMUN - Tim F1QR Lanal TBK menangkap empat pria yang menjadi tekong TKI ilegal pada Kamis (4/4) malam.

Keempat pria tersebut diamankan bersama empat speed boat jenis fiber bermesin 15 PK yang mereka gunakan untuk membawa 14 orang TKI ilegal dari Malaysia.

Rencananya keempat tekong, yang masing-masing bernama Alamsyah warga Moro, Halim warga Moro, Kamaruddin warga Belakang Padang dan Sabri warga Moro akan membawa para TKI ke Judah, Batam.

Penangkapan bermula ketika Lanal/TBK mendapatkan informasi dari intelejen sekira pukul 22.00 WIB mengenai adanya kapal pembawa TKI ilegal di perairan Karimun.

Mendapatkan informasi tersebut, tim F1QR segera bergerak. Sekira pukul 23.45 WIB tim F1QR Lanal TBK menggunakan kapal patroli keamanan laut V-8 dan P mendengar suara dan melihat ada speedboat yang mencurigakan melintas.

Meraskan Rumahnya di Goyang Gempa, Tina Pergoki Anaknya Dicabuli sang Paman di Ruang Tamu

Cuplikan Gol Kalteng Putra vs Arema FC Semifinal Piala Presiden 2019, Babak Pertama Arema Unggul 3-0

Hasil Malaysia Open 2019 - Jonatan Christie Tak Terbendung. Ganda Putri Pupus

10 Petani Disambar Petir Saat Hendak Pergi Memanen Padi di Sawah, 2 Orang Tewas

"Tim melakukan pengejaran dan berhasil mengamankan empat speedboat di Perairan Mantras," kata Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Catur Yogiantoro saat ekspos penindakan di Mako Lanal/TBK, Jumat (5/4) sore.

Ketika diperiksa, ternyata keempat speedboat membawa belasan TKI ilegal yang terdiri dari 12 laki-laki dan dua perempuan. Para TKI ini diduga masuk dan keluar dari Malaysia tanpa dilengkapi dokumen resmi. Mereka berasal dari Madura Jawa Timur, Lombok NTB dan Bengkalis Riau.

Selanjutnya keempat speedboat beserta tekong dan para TKI dibawa ke Mako Lanal TBK untuk diproses lebih lanjut. Untuk belasan TKI akan dilimpahkan ke Kantor Imigrasi Tanjungbalai Karimun.

BC Batam Tangkap Kurir Sabu di Bandara Hangnadim Batam, Pelaku Mengaku Butuh Uang Buat Modal Nikah

Kondisi Terkini Ani Yudhoyono Pasca Dilarikan ke Ruang ICU, Anissa Pohan: Sempat Demam Tinggi

Belum Rela atas Kepergian Putrinya, Mussahana Nekat Tidur Diatas Makam Anaknya

"Dugaan pelanggarannya speedboat tanpa dilengakapi dokumen yang sah dan 14 TKI ini tidak memiliki dokumen resmi. Dari hasil pemeriksaan kita tidak ditemukan adanya barang terlarang seperti narkoba," tambah Catur.

Catur menjelaskan, dari hasil pemeriksaan sementara, diduga pengangkutan TKI ilegal ini telah dikoordinir oleh seseorang. Pasalnya speedboat yang digunakan para tekong tersebut memiliki bentuk yang sama.

"Diduga ada yang mengkoordinir. Indikasi telah sering melakukan penjemputan TKI ilegal ini ada," ujarnya.

Disebutkan Catur, selain empat speedboat yang diamankan, ada tiga speedboat pembawa TKI ilegal lain yang berhasil melarikan diri.

"Sebenarnya mereka tujuh speedboat. Karena keterbatasan patroli, kita menangkap yang empat ini," ungkapnya. (ayf)

Penulis: Elhadif Putra
Editor: Eko Setiawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved