Jatah Kursi Partai Pendukung Jokowi Turun Drastis di Sumbar, Partai Pendukung Prabowo Naik

Magnet Prabowo Subianto membuat sejumlah partai pendukung pasangan calon presiden Jokowi-Ma'ruf Amin di Sumbar banyak kehilangan kursi legislatif pada

Jatah Kursi Partai Pendukung Jokowi Turun Drastis di Sumbar, Partai Pendukung Prabowo Naik
TRIBUNWOW
TERKINI! Hasil Real Count KPU Pilpres 2019 Jokowi vs Prabowo 

TRIBUNBATAM.id - Magnet Prabowo Subianto membuat sejumlah partai pendukung pasangan calon presiden Jokowi-Ma'ruf Amin di Sumbar banyak kehilangan kursi legislatif pada Pemilihan Umum 2019.

Di DPR RI, PDIP dari jatah dua kursi menjadi nihil, kemudian PPP dari jatah dua kursi menjadi satu kursi. 

Sementara itu, jumlah kursi untuk partai pendukung Prabowo-Sandi bertambah. Partai Gerindra dari jatah dua menjadi tiga kursi.

Sementara PAN dari jatah satu kursi menjadi tiga kursi.

Pengamat politik Universitas Andalas Padang, Dr. Asrinaldi menyebutkan turunnya jumlah kursi partai pendukung Jokowi-Ma"ruf Amin terjadi hampir merata di wilayah Sumatera Barat baik itu DPR RI, DPRD Sumbar maupun DPRD kabupaten dan kota.

"Hampir merata di Sumbar. Partai pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin suaranya turun. Malahan ada partai pendukung yang tidak mendapatkan kursi lagi," kata Asrinaldi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (14/5/2019).

Jokowi-Maruf Gencar Sosialisasi tapi Kalah Telak dari Prabowo-Sandi di Sumbar, Ini Ulasannya

Asrinaldi mencontohkan PDIP di DPR RI dari dua kursi menjadi nihil.

Begitu juga  Partai Hanura di DPRD Sumbar dari lima kursi menjadi nihil dan di DPRD Padang, Partai Hanura yang semula lima kursi jadi nihil di Pemilu 2019 ini.

Asrinaldi menyebutkan penyebab turunnya kursi partai pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin ini adalah karena Prabowo effect yang mendapatkan suara signifikan di Sumbar.

"Ini karena Prabowo effect yang mendapatkan suara 85,9 persen di Sumbar. Kondisi ini berimbas positif kepada partai pendukungnya yaitu Partai Gerindra, PAN, PKS dan Partai Demokrat," kata Asrinaldi.

Di DPRD Sumbar, Partai Gerindra menguasai dengan 14 kursi, dari sebelumnya hanya delapan kursi, PKS dari tujuh kursi menjadi sepuluh kursi,  PAN dari delapan kursi menjadi sepuluh kursi, dan Partai Demokrat dari delapan kursi menjadi sepuluh kursi.

HARI INI Selasa (14/5) BPN Prabowo-Sandiaga Gelar Acara Ungkap Fakta-fakta Kecurangan Pilpres 2019

Sandiaga Uno Dipanggil Mendadak Oleh Prabowo Pada Senin (13/5) Malam, Ada Apa?

Penurunan terjadi di partai pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. Partai Hanura dari lima kursi menjadi nihil. PPP dari delapan kursi menjadi empat kursi, Partai Nasdem dari enam kursi menjadi tiga kursi, Partai Golkar dari sembilan kursi menjadi delapan kursi, dan PDIP dari empat kursi menjadi tiga kursi.

Kemudian di DPRD Padang, Partai Gerindra berjaya dari enam kursi menjadi 11 kursi, PKS dari lima kursi menjadi sembilan kursi, PAN dari enam kursi menjadi delapan kursi, Partai Demokrat dari lima kursi mejadi enam, dan Partai Berkarya mendapatkan 2 kursi.

 Sementara partai pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin mengalami penurunan. Partai Hanura dari lima kursi menjadi nihil, Partai Nasdem dari empat  kursi menjadi satu kursi, Partai Golkar dari lima kursi menjadi tiga kursi, PPP dari empat kursi menjadi tiga kursi, dan PKB dari satu kursi menjadi nihil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul " "Prabowo Effect", Jatah Kursi Partai Pendukung Jokowi Turun Drastis di Sumbar", https://regional.kompas.com/read/2019/05/14/11484721/prabowo-effect-jatah-kursi-partai-pendukung-jokowi-turun-drastis-di-sumbar

Editor: Agus Tri Harsanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved