Breaking News:

Duta Wisata Kepri Berlayar ke Jepang

Riantiwi Putri, mendapatkan kesempatan mewakili Provinsi Kepri dalam program Ship for South East Asia Youth Program (SSEAYP) ke Negeri Jepang.

Editor:
Duta Wisata Kepri Berlayar ke Jepang
TRIBUN/KARTIKA KWARTYA
Laporan Kartika Kwartya, wartawan tribunnewsbatam

TRIBUNNEWSBATAM, BATAM- Duta Wisata Kepulauan Riau tahun 2008, Riantiwi Putri, mendapatkan kesempatan mewakili Provinsi Kepri dalam program Ship for South East Asia Youth Program (SSEAYP) ke Negeri Jepang. Menurutnya, kesempatan ini ia peroleh setelah melalui proses seleksi tingkat provinsi.

"Awal Maret lalu saya mengikuti seleksi selama dua hari oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi di Hotel Pelita. Waktu itu yang ikut seleksi program ini sekitar 100 orang pemuda se-Provinsi Kepri," tutur Putri, sapaan akrabnya, dihadapan sejumlah wartawan saat dijumpai di Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Selasa (7/9/2010).

Putri mengatakan bahwa tiap provinsi di Indonesia mengirimkan satu orang perwakilannya dalam kegiatan pertukaran pemuda ini. Selain Indonesia juga akan diikuti oleh negara-negara lain di Asia Tenggara.

"Kegiatannya akan berlangsung selama dua bulan mulai dari Oktober awal hingga Januari awal. Nanti kita tidak hanya berlayar di kapal saja. Tapi juga akan melakukan home stay ke beberapa negara, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Myanmar, Indonesia, Filipina, dan Jepang," cerita Mahasiswi Politeknik Batam ini dengan antusias.

Menurutnya, kegiatan visiting ini akan membawa mereka pada pertemuan-pertemuan resmi dengan kepala negara atau pemimpin di tiap negara tersebut. Di tiap negara, mereka akan menginap selama kurang lebih 3-4 hari.

Dalam kegiatan kapal pemuda Jepang tersebut, menurut anak kedua dari empat bersaudara ini, akan lebih banyak diisi dengan diskusi dan saling bertukar pemahaman antar negara.

"Kita akan saling berdiskusi terutama tentang misi kedamaian. Kita akan saling mempresentasikan semacam understanding antar negara dalam diskusi-diskusinya nanti," ungkap Putri.

Dalam kesempatan yang diperolehnya, perempuan kelahiran Desember 1988 ini akan mempromosikan Batam khususnya dari segi pariwisata dan kreasi budaya yang ada.

"Pokoknya nanti yang akan sering digaungkan itu Visit Batam 2010. Biar semakin banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke Batam. Saya juga akan memperkenalkan kerajinan tangan gonggong dan batik khas Batam, serta tarian-tarian khas yang kita punya," papar Putri.

Putri mengakui bahwa semua kesempatan ini bisa ia peroleh awalnya berkat mengikuti program Duta Wisata.

"Awalnya dari Duta Wisata, kemudian saya diikutkan pada berbagai kegiatan. Sehingga ini menjadi nilai plus saya saat diseleksi. Jadi menurut saya, Duta Wisata ini merupakan kunci emas bagi pemuda pemudi Batam untuk terus maju dan berkarya bagi Batam," akunya.

Kepala Bidang Promosi Budaya Disparbud Batam, Ardiwinata, yang saat itu mendampingi Putri, mengatakan bahwa dengan semakin banyaknya pemuda pemudi Batam yang maju ke tingkat nasional bahkan internasional, diharapkan akan semakin menggaungkan nama Batam.

"Harapannya ya tentu bisa mempromosikan Batam ke tingkat nasional atau bahkan internasional seperti yang akan dilakukan Putri ini. Karena kita di Batam ini mempunyai sembilan destiny wisata yang semuanya sangat menarik untuk dikunjungi," sebut Ardi.

Di antaranya, kata Ardi, yaitu pulau Abang yang akan dijadikan tak hanya tujuan diving tapi juga sebagai training centre untuk para calon diver.

"Tapi untuk bisa menciptakan pemuda pemudi yang berprestasi ini tentu kita pemerintah juga perlu menyediakan wadah bagi mereka untuk terus berkembang. Ya salah satunya melalui Duta Wisata ini," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved