Publik Servis

Bolehkah Akikah Dicicil ?

Assalamu'alaikum MUI, saya mau tanya terkait Akikah dan Kurban melalui Tribun. Apakah boleh melakukan akikah untuk anak lelaki dicicil.

Bolehkah Akikah Dicicil ?
tribunnewsbatam.com/iswidodo
Pelaksanaan pemotongan dan pembagian hewan kurban di Tanjungpinang tahun 2011 silam.
TRIBUNNEWSBATAM.COM- Assalamu'alaikum MUI, saya mau mengajukan beberapa soal terkait Akikah dan Kurban melalui Tribun. Apakah boleh melakukan aqiqah untuk anak lelaki dicicil. Di hari ke-7 kelahiran sembelih 1 ekor kambing karena keterbatasan dana. Kemudian nanti setelah ada rezeki saya sembelih lagi 1 ekor kambing.

Terus, misalnya akikah tersebut pelaksanaannya bersamaan dengan beberapa orang di Hari Idul Adha, terkumpul 7 ekor kambing tapi kemudian diwujudkan dalam bentuk 1 ekor lembu, apakah agama membolehkan. Dan bolehkah jika keluarga pihak akikah turut makan daging tersebut. Terima kasih dari Fauzan 0857650578xx Pesona Mantang, Bengkong.

Hukum Akikah Sunnah Muakad

Terima kasih pertanyaan Fauzan dan beberapa penanya yang hampir serupa dengan soal ini.  Hukum akikah anak adalah sunnah muakad sesuai pendapat Imam Malik, Imam Syafi'i, Imam Ahmad dan jumhur ulama. Ketentuan akikah untuk anak laki-laki adalah dua ekor kambing, sedangkan untuk anak perempuan adalah satu ekor kambing.

Pelaksanaannya, untuk anak laki-laki  boleh sekaligus dua ekor disembelih, boleh juga dicicil. Oleh sebab itu, jika di hari ke-7 atau 14 atau 21 sudah disembelih satu ekor kambing, maka di lain waktu cukup ditambah satu ekor kambing. Tidak perlu diulang menyembelih dua ekor lagi.

Bahkan jika dahulu orangtuanya belum melaksanakan akikah untuk anaknya hingga dewasa, maka dibolehkan juga anak yang sekarang sudah dewasa itu, untuk menyembelih akikah bagi dirinya sendiri. Jika pun digabung dengan akikah anak tetangga sehingga terkumpul 7 ekor kambing diwujudkan dalam bentuk lembu pun dibolehkan. Pelaksanaannya pun dibarengkan dengan Idul Adha atau sebelum dan sesudahnya pun tak ada masalah.
Pihak keluarga tidak ada larangan makan daging akikah tersebut. Bahkan dibolehkan memakan hingga sepertiganya, menghadiahkan sepertiganya kepada sabahat dan menyedekahkan kepada kaum muslimin seperrtiganya lagi, atau boleh mengundang teman dan kerabat untuk menyantapnya.

KH Azhari Abbas
Ketua MUI Provinsi Kepri

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved