Perhatian Lima Areal Vital Ini Saat Berhubungan Intim karena Bisa Jadi Sumber Kanker Menular

Selama ini kita berpikir bahwa kanker bukan penyakit menular. Namun, jenis kanker yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) ternyata dapat menul

bwalles
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM- Selama ini kita berpikir bahwa kanker bukan penyakit menular. Namun, jenis kanker yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV) ternyata dapat menular.

Umumnya, penularan terjadi melalui aktivitas seksual. Berikut adalah daftar dari beberapa jenis kanker yang dapat menyebar melalui kontak seksual.

Mulut

Kanker mulut adalah sebutan bagi jenis kanker yang terjadi di area kepala, mulut dan tenggorokan.

Tergantung pada bentuknya, biasanya tanda-tanda awal kanker mulut meliputi pertumbuhan jaringan yang abnormal di tempat kanker berada.

Operasi, terapi radiasi dan kemoterapi adalah pilihan pengobatan yang paling umum untuk berbagai jenis kanker termasuk untuk kanker mulut.

HPV adalah penyebab utama kanker tenggorokan. Ketika virus melakukan kontak dengan sel-sel epitel kulit dan mukosa melalui seks oral, virus tersebut dapat menyebabkan terbentuknya kanker.

Untungnya, menurut Yayasan Kanker Mulut di AS , kanker mulut yang disebabkan oleh HPV juga lebih responsif terhadap berbagai pilihan pengobatan dibanding jenis kanker mulut yang lain.

Anal

Dalam kasus kanker anus, sel-sel ganas kanker terbentuk di jaringan anus.

Halaman
123
Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved