Musim Liburan Sekolah Tak Ngefek, Arus Penumpang Pelabuhan Pinang Normal. Kenapa?

Liburan sekolah tahun ini tidak terlihat lonjakan penumpang pengguna feri di Pelabuhan Tanjungpinang. Ini penjelasan Syahbandar!

Musim Liburan Sekolah Tak Ngefek, Arus Penumpang Pelabuhan Pinang Normal. Kenapa?
tribunnewsbatam.com/widodo
Pelabuhan Tanjungpinang

BATAM.TRIBUNNEWS.COM.TANJUNGPINANG- Jumlah penumpang kapal yang beroperasi di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang kebeberapa tujuan daerah tidak mengalami peningkatan yang signifikan. ‎Jumlah trip keberangkatan, penambahan jadwal keberangkatan, dan tambahan kapal tidak dilakukan.

‎"Tidak ada kenaikan yang signifikan. Dari hari biasa paling gak cuma 20 persen kenaikan. Tidak ada tambahan trip dan penambahan armada kapal," kata Sutoyo kepala Pos Syaahbandar Sri Bintan Pura Tanjungpinang ditemui di kantornya, Minggu (25/12/2016).

Jumlah kapal masih tetap yakni Baruna 12 unit yang beroperasi, Marina 7 unit dan kapal keberapa tujuan selain ke Batam sebanyak 8 unit armada.

Meski begitu, dia mencatat adanya kenaikan sejak tanggal 10 lalu secara perlahan hingga saat ini. Angka kenaikan 20 dengan perkiraan dari hari biasa 2500 menjadi 3000 penumpang keberbagai daerah tujuan.

"Naik dikit-dikit sejak tanggal 10. Terakhir mulai terlihat lumayan dari tanggal 20-24. Jumlah penumpang baik berangkat maupun tiba pun angkanya tidak jauh berbeda. Artinya ini bukan mudik, tapi liburan aja. Kebanyakan mereka pergi ke Batam," tuturnya.

Tercatat untuk tujuan Punggur Batam merupakan ‎tujuan terbanyak. Dua kapal yang melayani yakni Marina sejak tanggal 20 hingga 24 membawa penumpang 2.528 keberangkatan,

sementara kedatangan sebanyak 2.212. Sedangkan untuk armada Baruna Jaya pada tanggal tersebut melayani cukup tinggi dengan keberangkatan 4.485, sementara kedatanganr 3.394.

"Hari ini diperkirakan juga akaan tembus tiga ribu. Sampai pukul 15.00 WIB, sudah 2.500 orang. Masih ada beberapa kapal lagi tiba maupun berangkat," tambahnya.

Pantauan Tribun, nampak Pelabuhan Sri Bintan Pura ‎Tanjungpinang ini mereka berbondong-bondong ke Batam. Adapun tujuan lain seperti ke Karimun, Lingga Anambas juga terlihat memasuki dermaga kapal yang siap mengantarkan mereka ke tempat tujuan.

‎"Ini kita mau liburan saja di Batam. Kampung di sini (Tanjungpinang). Mumpung libur kan, jadi kita rayakan natal di Batam saja," ujar seorang penumpang warga keturunan Tionghoa. (*)

Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved