Belum Umur 30 Tahun Sudah Beruban? Mungkin Faktor Ini Penyebabnya

Sebagian ahli dermatologi meyakini bahwa 50% populasi manusia pada usia 50 bisa memiliki uban hingga 50% dari rambutnya

Belum Umur 30 Tahun Sudah Beruban? Mungkin Faktor Ini Penyebabnya
KOMPAS.COM
ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Uban itu pertanda kita sudah tua, meskipun tidak ada petunjuk pasti di usia berapa rata-rata orang mulai beruban.

Segala sesuatu pada tubuh kita mulai berubah ketika usia kita bertambah, dan folikel rambut pun memproduksi lebih sedikit melanin -pigmen yang memberikan warna pada rambut.

Sebagian ahli dermatologi meyakini bahwa 50% populasi manusia pada usia 50 bisa memiliki uban hingga 50% dari rambutnya. Namun sebuah studi dari British Association of Dermatologists pada tahun 2012 mendapati bahwa hanya antara 6 dan 23% populasi yang 50% rambutnya bisa berubah menjadi uban di usia 50.

Tetapi, ada juga orang yang cenderung beruban lebih cepat. Atau, rambutnya menipis atau botak lebih cepat. Nah, siapa orang yang akan beruban lebih cepat itu? Apa penyebabnya?

Menurut Desmond J. Tobin, profesor biologi sel dan Direktur Centre for Skin Sciences di University of Bradford, orang harus menerima bahwa pada akhirnya rambut mereka akan menjadi putih.

Tetapi, memang ada orang-orang tertentu yang rambutnya akan berubah menjadi putih lebih dulu.

Orang-orang kaukasia, menurutnya, adalah mereka yang rambutnya paling cepat beruban. Pria berambut pirang dan wanita berambut kelabu juga akan beruban lebih cepat.

Kabar baiknya: orang-orang yang berambut hitam (Asia dan Afrika) tergolong paling lambat beruban.

Namun, selain faktor keturunan, ada juga gaya hidup atau kebiasaan yang membuat orang beruban lebih cepat daripada yang lain.

Penelitian juga menunjukkan bahwa perokok dan mereka yang mengalami stres berat juga cenderung akan lebih cepat beruban.

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved