Wow, Selain Enak Ternyata Kolang Kaling Banyak Khasiat Untuk Kesehatan

Kolang-kaling bukan cuma hidangan yang populer ketika bulan puasa tiba. Buah bernama latin Areng pinnata ini juga memiliki sejumlah khasiat

Wow, Selain Enak Ternyata Kolang Kaling Banyak Khasiat Untuk Kesehatan
nova
kolang kaling punya banyak khasiat 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Kolang-kaling bukan cuma hidangan yang populer ketika bulan puasa tiba.  Buah bernama latin Areng pinnata ini juga memiliki sejumlah khasiat untuk kesehatan karena kaya akan protein dan mineral.

Makin tua umur biji saat dipanen, makin keruh warnanya. Jika tekstur kolang-kaling makin liat itu menandakan makin tinggi kandungan proteinnya. Sebaliknya, makin muda umurnya, makin bening warnanya, dan makin lembut teksturnya.

Kolang-kaling mengandung sedikit karbohidrat tapi nilai kalorinya sangat kecil. Per 100 gram kolang-kaling hanya mengandung 27 kalori sehingga cocok digunakan sebagai menu berdiet. Mengenyangkan tanpa menambah kalori.

Ya, kolang-kaling bisa mengenyangkan karena menyantap 100 gram kolang-kaling, berarti kita mengasup 6 gram karbohidrat. Kandungan seratnya yang berjumlah 1,6 gram per 100 gram ini juga bisa membantu mencegah sembelit.

Tapi karena serat kolang-kaling cukup liat, sebaiknya kita mengunyahnya sampai lembut agar serat bisa bekerja optimal di usus.

Lalu apa saja, sih, manfaat kolang-kaling?

Dengan kandungan nutrisi yang baik, banyak manfaat yang dapat dihasilkan oleh kolang-kaling, di antaranya:

1. Memperkuat Tulang

Kolang-kaling mengandung kalsium yang baik bagi kesehatan tulang. Dalam 100 gram kolang-kaling, mengandung 91 mg kalsium yang bisa memperkuat tulang. Sebagai informasi, kebutuhan asupan kalsium orang dewasa berusia 20-50 tahun sekitar 1.000 mg per hari.

2. Meredakan Radang Sendi

Halaman
12
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved