Benjolan Muncul di Tangan Atau Kaki, Bahayakah?

Apakah Anda tiba-tiba mendapati benjolan di tangan atau kaki? Bisa jadi benjolan ini adalah ganglion cysts atau kista kantong sendi

Benjolan Muncul di Tangan Atau Kaki, Bahayakah?
Nakita
Benjolan di sendi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Apakah Anda tiba-tiba mendapati benjolan di tangan atau kaki? Bisa jadi benjolan ini adalah ganglion cysts atau kista kantong sendi.

Gumpalan ganglion adalah jenis massa yang menonjol dan timbul di tangan serta dapat tumbuh di bagian atas, samping, atau bawah pergelangan tangan.

Gumpalan ganglion juga dapat timbul di ujung persendian jari-jari hingga di bagian bawah jari-jari dalam berbagai ukuran.

Kadang, ganglion dapat tumbuh lebih besar bila pergelangan tangan terus-menerus beraktivitas. Sebaliknya, semakin sedikit aktivitas pergelangan tangan, benjolan ganglion pun dapat semakin mengecil.

Ganglion dapat keluar dari persendian dan berbentuk mirip balon. Bagian dalam dari balon menggumpal tersebut terasa tebal, licin, cair, dan serupa cairan yang melubrikasi persendian.

Ganglion biasanya terjadi pada orang yang berusia 15 – 40 tahun dan kebanyakan dialami wanita atau pesenam. Ganglion yang tumbuh di ujung sendi jari disebut kista mucous yang timbul karena artritis pada sendi jari-jari. Tapi, kista mucous ini biasanya timbul pada orang yang berusia 40 – 70 tahun.

Gejala

Normalnya, ganglion tidak menimbulkan gejala apa pun. Namun saat gumpalan cairannya menekan saraf-saraf, dapat timbul rasa sakit, geli, dan lemah otot.

Meskipun demikian, gejala kista ganglion pada umumnya adalah:

1. Benjolan yang membesar di dekat pergelangan tangan atau sendi jari
2. Bulat, kenyal, dan halus
3. Berisi cairan
4. Ukuran tergantung pada tingkat aktivitas sendi, menjadi lebih besar ketika sering menggerakkan sendi yang terkena dan tumbuh lebih kecil ketika sendi banyak diistirahatkan

Halaman
123
Editor: Tri Indaryani
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved