Kunjungan Raja Arab Saudi

Jokowi Jadi "Host" Pertemuan Raja Salman dan Ormas Islam

Pertemuan itu rencananya akan berlangsung di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis (2/3/2017).

Jokowi Jadi
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud disambut Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di landasan pacu VVIP Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (1/3/2017). Kunjungan Raja Salman ke Indonesia kali ini setelah 47 tahun lalu dalam rangka kerja sama bilateral Indonesia - Arab Saudi. 

BATAM. TRIBUNNEWS.COM - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz akan bertemu dengan para tokoh dari organisasi massa Islam di Indonesia. Pertemuan itu rencananya akan berlangsung di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis (2/3/2017).

"Kamis siang setelah beliau (Raja Salman) dari DPR, menuju Masjid Istiqlal. Dari Istiqlal ke istana dan Presiden yang jadi host (tuan rumah) pertemuan itu," kata Lukman di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (1/3/2017).

Lukman mengatakan, daftar ormas Islam yang akan diundang untuk bertemu dengan Raja Salman masih terus disusun dan dimatangkan.

Ia hanya bersedia menyebut tiga ormas yang sudah pasti akan diundang, yakni Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Akan ada 20 lebih ormas Islam yang diundang.

"Pemerintah minta maaf yang sebesar-besarnya tidak mungkin mengundang semua ormas karena ormas ratusan jumlahnya. Tentu tidak bisa karena tempatnya terbatas dan waktunya terbatas," ucap Lukman.

Adapun yang jadi bahan pembahasan dalam pertemuan nanti adalah bagaimana agama bisa dimanfaatkan untuk menjadi landasan sekaligus tujuan untuk menciptakan peradaban dunia yang penuh kedamaian.

"Upaya kita untuk menanggulangi tindak kekerasan, terorisme, ekstremisme, akan lebih kita teguhkan melalui pertemuan tadi itu," ucap politisi Partai Persatuan Pembangunan ini.

Selain pertemuan dengan tokoh ormas Islam, akan ada pula pertemuan dengan tokoh lintas agama. Lukman mengatakan, pertemuan ini akan digelar pada Jumat (3/3/2017).

"Setelah shalat Jumat. Tempatnya masih kita jajaki," ucapnya.

Raja Salman tiba di Indonesia pada Rabu (1/3/2017). Presiden Joko Widodo menyambut kedatangan Raja Salman di Bandara Halim Perdanakusuma.

Setelah itu, kedua Kepala Negara melakukan pertemuan di Istana Bogor. Raja Salman akan berada di Jakarta dan melakukan berbagai kegiatan lain hingga 4 Maret.

Setelah itu, Raja Salman dan rombongan yang terdiri dari 1.500 orang berlibur di Bali hingga tanggal 9 Maret.

Editor: Rio Batubara
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved