Breaking News:

Motion

Komunitas Generasi Baru Indonesia, Mengkader Calon Pemimpin Berkarakter

Komunitas ini berdiri pada akhir 2016 lalu. Kini anggotanya mencapai 150 orang yang terdiri dari mahasiswa dan alumni UMRAH.

Penulis: | Editor: Tri Indaryani
TRIBUNBATAM/M IKHWAN

KAMPUS memang ladang untuk menciptakan generasi yang tangguh dan berkualitas dalam membangun masa depan bangsa. Di kampus pun banyak dibentuk komunitas agar misi tersebut bisa dijalankan. Tidak terkecuali dengan kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Kepulauan Riau (Kepri).

Sejumlah mahasiswa membentuk satu komunitas dengan nama Generasi Baru Indonesia (GenBI). Komunitas ini berdiri pada akhir 2016 lalu. Kini anggotanya mencapai 150 orang yang terdiri dari mahasiswa dan alumni UMRAH.

Hendra Adiputra, Ketua GenBI menjelaskan, anggota yang tergabung dalam komunitas adalah mahasiswa UMRAH yang terpilih menerima beasiswa dan alumni yang pernah menerima berasisa. Dia menjelaskan, GenBI sendiri ini berada langsung dibawah bimbingan pihak Bank Indonesia (BI).

Menurut Hendra, di komunitas tersebut, para anggotanya dilatih menjadi pemimpin masa depan yang memiliki karakter yang kuat.

"Kita dimotivasi untuk menjadi insan mandiri, kretif, dan inovatif serta memiliki rasa nasionalisme dan tanggung jawab sosial terhadap keberlangsungan hidup berbangsa dan bernegara," katanya.

Pendidikan tidak hanya diberikan melalui pelatihan. Namun juga melalui kegiatan pendampingan. Karena komunitas tersebut juga kerap mendampingi sejumlah kegiatan program BI di Kota Tanjungpinang. Beberapa kegiatakan yang sudah dilakukan di antaranya mananam cabai melalui pertanian terintegrasi.

Selain itu, GenBI juga terus berkomitmen untuk berkontribusi sebagai Perpanjangan Tangan Bank Indonesia dalam menyosialisasikan kebijakan-kebijakan BI kepada masyarakatnya.

"Kita juga berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan sosial baik yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia maupun oleh masyarakat, seperti membersihkan pantai yang kotor di kawasan wisata Pulau Penyengat baru-baru ini," kata Hendra.

Selain itu, lanjutnya, komunitas ini juga aktif mengikuti kegiatan kuliah umum, pelatihan kepemimpinan I dan II, pelatihan storytelling dan lain-lain.

"Tujuan dari semua kegiatan ini adalah membawa mahasiswa yang telah menerima beasiswa, yang berasal dari beragam latar disiplin ilmu, menjadi energi baru yang mampu memberikan kontribusi bagi negara," tambahnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved