Kamis, 25 Mei, Dinas Ketenagakerjaan Bintan Bangun Posko THR. Ini Lokasinya!

Kamis, 25 Mei, Dinas Ketenagakerjaan Bintan Bangun Posko THR. Ini Lokasinya!

Kamis, 25 Mei, Dinas Ketenagakerjaan Bintan Bangun Posko THR. Ini Lokasinya!
Tribunbatam/Aminnudin
Buruh Bintan saat melakukan unjuk rasa di kantor Pemkab Bintan beberapa waktu lalu. Dinas PMPTSP dan Ketenagakerjaan Bintan akan membuat posko THR bagi pekerja 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BINTAN-Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Ketenagakerjaan Hasfarizal Handra menegaskan, setiap perusahaan di Bintan sudah harus menyiapkan tunjangan hari raya (THR) karyawannya sejak dini. Hasfarizal tak mau lagi mendengar kedepan karyawan mengeluh THR mereka telat atau bermasalah.

Jika merujuk aturan 2017, THR kata Hasfarizal tidak dibayarkan seminggu sebelum lebaran seperti tahun tahun sebelumnya. THR seyogyanya jika menurut aturan terbaru, dibayarkan sebulan sebelum lebaran atau menjelang puasa.

"THR itu kalau sekarang tidak lagi seminggu. Aturannya sebulan sebelum lebaran sudah dibayarkan. Sebenarnya semua perusahaan itu sudah tahu, menjelang menjelang sebelum puasa THR itu sudah harus dibayarkan,"kata Hasfarizal Handra, Selasa (23/5).

Namun, pada akhirnya kata Hasfarizal semua bergantung pada perusahaan. Kalau ada perusahaan tetap memilih membayarkan seminggu sebelum puasa, itu boleh saja. Dengan catatan THR dibayarkan sesuai prosedur. Dinas PMDPTSP dan Ketenagakerjaan tak mau mendengarkan lagi ada keluhan ada karyawan perusahaan tak dibayarkan THRnya dengan alasan baru bekerja beberapa bulan. "Pokoknya semua harus dibayarkan. Termasuk pekerja muda yang baru bekerja, nanti kan dihitung sesuai masa kerjanya,"kata Hasfarizal.

Dinas PMDPTSP dan Ketenagakerjaan Bintan akan menyiapkan posko khusus THR di ruang khusus kantor. Karyawan atau pekerja yang bermasalah dengan THR perusahaan dapat langsung mendatangi posko khusus THR di kantor DPMPTSP dan Ketenagakerjaan Bintan di Bandar Seri Bentan. Semua aduan terkait THR akan disikapi secara cepat oleh DPMPTSO dan Ketenagakerjaan.

"Kami ada buat posko pengaduan THR, tiga hari puasa posko itu sudah terbentuk, jadi pekerja yang bermasalah dengan THR dengan perusahaan silahkan datang ke posko,"ujar Hasfarizal.

Selain posko, DPMPTSP juga meneruskan informasi himbauan THR ke serikat serikat pekerja di Bintan. Para serikat pekerja dapat menjembatani hal hal yang berkaitan dengan THR pekerja dengan perusahaan.

Berdasarkan data DPMPTSP dan Ketenagakerjaan Bintan, di Bintan terdapat 171 perusahaan. Jumlah itu sudah terhimpun perusahaan modal asing (PMA) dan perusahaan modal dalam negeri (PMDN). DPMPTSP dan Ketenagakerjaan memastikan, 171 perusahaan tersebut tidak pernah bermasalah dengan THR karyawannya.(*)

Penulis: Aminnudin
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved