BATAM TERKINI

Bakal Panggil Developer, Wali Kota Minta Mereka Serahkan Fasum ke Pemko Batam

Rudi mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil sejumlah developer, berkaitan dengan penanganan banjir di Kota Batam

Bakal Panggil Developer, Wali Kota Minta Mereka Serahkan Fasum ke Pemko Batam
TRIBUNBATAM/IAN PERTANIAN
Wali Kota Batam, Rudi SE 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Banjir yang selalu melanda wilayah Batam saat hujan tiba memang membuat sejumlah kalangan pusing. Tak cuma warga yang menjadi korban banjir, jalanan pun kerap dikepung banjir sehingga susah dilewati.

Dari hasil tinjauannya, Wali Kota Batam, Rudi mengungkapkan, ada sejumlah penyebab Batam kerap dilanda banjir setelah turun hujan.

Mulai drainase yang sempit, membangun rumah di atas drainase, gorong-gorong kecil, banyak masyarakat yang menghabiskan sisa tanahnya untuk membangun, dan sebagainya.

Rudi mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan memanggil sejumlah developer, berkaitan dengan penanganan banjir di Kota Batam.

Baca: Ternyata Ini Penyebab Perumahan Kodim Batuaji Langganan Banjir Tiap Hujan

Baca: BERSIAPLAH. Bangunan Rumah di Atas Drainase Bakal Dibabat Alat Berat

Baca: Kesal Layanan Go-Jek di Batam Dibekukan, Pelanggan Luapkan Kekecewaan di Facebook

"Yang besar-besar akan kami undang. Kami minta fasilitas umum dan fasilitas sosialnya diserahkan ke Pemko. Kami mau bangun drainase," ujar Rudi, Kamis (1/6/2017) di Batam Center.

Mengenai rencana penanganan banjir di Kota Batam, Wali Kota mengaku untuk sementara ini, Pemko Batam hanya bisa melakukannya dengan cara manual.

Penyebabnya adalah keterbatasan anggaran yang tak memungkinkan pemerintah membangun drainase permanen.

"Mau bangun drainase yang permanen, uang kita (APBD Kota Batam) tak cukup. Tunggu anggaran 2018. Sekarang hanya bisa manual dulu," kata dia. (*)

*Baca Berita Terkait di Tribun Batam Edisi Cetak, Jumat 2 Juni 2017

Penulis: Dewi Haryati
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved