Motion

Penjelajah Nusantara, Refreshing Sekaligus Belajar dari Alam

Trevelling itu banyak manfaatnya untuk kesehatan psikologi dan refreshing pikiran sekaligus mengeksplore pariwisata

Penjelajah Nusantara, Refreshing Sekaligus Belajar dari Alam
TRIBUNBATAM/WAHIB WAFA

SEBAGIAN orang berpikir treveling atau jalan-jalan hanya menghambur-hamburkan uang. Namun, sebenarnya trevelling itu banyak manfaatnya untuk kesehatan psikologi dan refreshing pikiran sekaligus mengeksplore tempat wisata dan belajar dengan alam.

Seperti yang dilakukan para anggota komunitas Penjelajah Nusantara (Penus). Komunitas ini merupakan wadah bagi mereka untuk suka menjelajah ke beberapa penjuru nusantara. Mereka berkumpul untuk menjelajahi alam Indonesia.

Tidak main-main, komunitas ini dihimpun dengan serius dan memiliki struktur organisasi yang baik serta sistem keuangan yang tertata. Sehingga, sejumlah kegiatan jelajah alam dapat diselenggarakan secara rutin.

"Kita punya sistem penggunaan uang yang rapi. Anggota diwajibkan ikut iuran wajib untuk dapat mengikuti semua kegiatan. Baik itu kegiatan pengetahuan alam maupun kegiatan diskusi," ujar Rendi, Ketua Penus Kepri, pada Tribun, Sabtu (1/7/2017).

Beberapa kegiatan komunitas ini diantaranya mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia yang dilakukan setengah tahun sekali. Untuk kegiatan rutin bulanan dan tiga bulanan, dilakukan piknik ke tempat wisata lokal yang ada di Kepri.

Beberapa tempat wisata yang sudah didatangi di antaranya Bukit Tinggi, Jogja, Jawa Timur, dan Lombok. Rencananya, komunitas ini akan mengeksplor wisata Bali dalam waktu dekat.

Rendi mengatakan, untuk kunjungan ke luar kota memang membutuhkan dana yang tidak sedikit.

"Misal ke tempat wisata Batu Malang, Jawa Timur, kita butuh dana sampai 4 juta untuk sekali jalan. Itu termasuk kegiatan kunjungan jauh. Karena harus naik pesawat dan udah 2 juta kita anggarkan untuk pesawatnya. Untuk kunjungan jauh paling agenda setengah tahun sekali," tambahnya.

Saat mendatangi tempat wisata, selain berlibur, mereka mengadakan riset pariwisata alam. Dimana penelitian itu mereka cantumkan untuk sebuah penulisan.

“Memang agak sedikit ribet tak seperti liburan orang pada umumnya. Namun hal itu yang merupakan liburan sambil mengenal alam. Banyak sekali tentang alam Indonesia yang bisa kita eksplor,” kata Rendi.

Halaman
12
Penulis:
Editor: Tri Indaryani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved