Breaking News:

Heboh Aturan Kirim Barang Keluar Batam! Tiki Wajibkan Nota, Tidak NPWP. Ini Alasannya!

Heboh Aturan Kirim Barang Keluar Batam! Tiki Wajibkan Nota, Tidak NPWP. Ini Alasannya!

Penulis: | Editor:
Tribunnewsbatam.com/Farid Khoiruddin
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM,BATAM - Kebijakan baru yang di terapkan oleh Bea dan Cukai dalam hal pengiriman barang keluar daerah di haruskan untuk melampirkan nota pembelian toko dan fotokopi NPWP, membuat banyak kritikan dari masyarakat Kota Batam, khususnya yang ingin mengirimkan barang-barang mereka melalui jasa pengiriman barang JNE.

Baca: Kirim Paket JNE Harus Pakai Nota Pembelian, Pelanggan Pindah ke Kantor Pos!

Baca: Kirim Barang Keluar Batam, Aturan Baru: Lampirkan NPWP dan Nota Belanja!

Baca: Cewek Kamu Pendiam Ya? Mengejutkan Inilah 10 Ciri Seorang Hiperseks!

Baca: Kisah Asmaranya Bikin Penasaran, Dr Oz Ryan Thamrin Blak-blakan Soal Pacar!

Hasil pantauan Tribun di dua Kantor JNE cabang Batam pada hari Jumat dan Sabtu, banyak masyarakat yang lebih memilih untuk mengirimkan barang-barang mereka lewat jasa pengiriman barang lainnya di banding memakai jasa JNE, dengan alasan pengiriman barang terlalu banyak syarat.

Dian, salah satu warga Batam yang ingin mengirimkan sepatu pesanan temannya lewat salah satu kantor JNE kawasan Nagoya-Jodoh, masuk ke kantor JNE dengan membawa paket kemudian keluar kantor membawa paket yang sama.

"Kirim lewat pengiriman lain aja mas, ribet di JNE. Harus pakai nota dan NPWP, biasanya kemarin-kemarin bayar perkilo aja di hitung berapa," ujar Dian, kepada Tribun, Sabtu (5/8/2017).

Di tempat yang sama, Suandi, ketika di tanyakan Tribun kenapa paket tidak jadi di kirim, sambil mengomel dia mengatakan, bahwa mengirim paket hanya beberapa helai jaket saja harus memakai nota dan NPWP.

"Tak tau mas, katanya ada pemeriksaan Bea dan Cukai harus pakai nota dan NPWP. Ini paket isinya jaket bekas saya, rencana dari pada nggak terpakai karena kondisi masih bagus mau saya kirim ke kampung, mana ada lagi notanya, lagian kita ngirim jaket bukan barang ber ton-ton beratnya. Kita juga ngirim paket pakai uang, kalau gratis mungkin okelah," katanya

Berbeda dengan Perusahaan jasa pengiriman barang Tiki, saat ditemui Tribun di salah satu Kantor Tiki, salah satu pegawai, mengatakan, untuk pengiriman barang lewat jasa Tiki tidak perlu melampirkan NPWP, cukup dengan bukti nota saja.

"Kita juga sudah di beritahukan sama Bos kemarin, untuk saat ini kalau mengirim barang lewat Tiki tidak perlu melampirkan NPWP, hanya bukti nota saja. Kalaupun tidak ada bisa minta tolong dibuatkan lagi sama toko dimana pelanggan membeli barangnya," ujarnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved